eprintid: 25192 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/02/51/92 datestamp: 2017-04-11 04:38:21 lastmod: 2017-04-11 04:38:21 status_changed: 2017-04-11 04:38:21 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: YULI PUTRI JUWITA, NIM. 13410059 title: PENGEMBANGAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA TAMAN MADYA IBU PAWIYATAN TAMAN SISWI YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: nilai multikultural, PAI, SMA Taman Madya note: Dr. H. Sangkot Sirait., M.Ag abstract: Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak keberagaman baik suku, budaya, agama etnis dan bahasa. Sekarang banyaknya fenomena di masyarakat yang telah terjadi perselisihan dan konflik antar individu maupun kelompok yang disebabkan karena mengatas namakan perbedaan. Perbedaan membuat masyarakat terutama generasi penerus bangsa yang berkelahi atau tawuran. Menyadari pentingnya pendidikan multikultural, sekolah merupakan sebuah lembaga yang tepat menanamkan nilai-nilai multikultural kepada peserta didik. Sekolah SMA Taman Madya Ibu Pawiyatan Taman Siswa Yogyakarta, memiliki banyak keberagaman baik secara ekonomi, keyakinan, budaya, dan lain-lain. Keberagaman sebuah kesempatan yang diberikan kepada peserta didik untuk menjalankan hidup sesuai dengan budaya, keyakinan, dan tidak membedakan dalam status ekonomi. Siswasiswi yang berada disekolah memiliki sikap saling menghargai dan menghormati sehingga terciptanya sebuah kebersamaan antar perbedaan karena telah tertanam nilai-nilai multikultural. Pendidikan Agama Islam (PAI) sangat perperan dalam menanamkan nilai-nilai multikultural dan mengembangkan nilai-nilai multikultural. Pendidikan Agama Islam bertujuan untuk membentuk siswa-siswi yang bertaqwa kepada Allah dan berakhlakul karimah yang mampu berfikir terbuka dan dapat menyelesaikan masalah-masalah disekitarnya terutama dalam nilai-nilai multikultural. Oleh sebab itu, sangat perlulah melakukan pengembangan nilai-nilai multikultural dalam pelajaran pendidikan agama Islam di SMA Taman Madya Ibu Pawiyatan Taman Siswa Yogyakarta. Penelitian ini adalah kualitatif, dengan mengambil latar belakang sekolah Taman Madya Ibu Pawiyatan Taman Siswa Yogyakarta. Pengumpulan data yang dilakukan peneliti dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakuakn dengan memberikan makna yang terhadap hasil data yang telah dikumpulkan, kemudian dilakukan penarikan kesimpulan untuk menyusun hasil karya yang juga bisa digunakan sebagai panduan pengembangan nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran PAI yang berwawasan multikultural. Hasil Penelitian dalam pembelajaran PAI dengan menunjukan: Guru, peserta didik, Materi yang diajarkan, metode yang relevan dengan materi yang diajarkan, pengelolaan kelas, pandangan dalam mengajar, media dan hasil penilaian pembelajaran. date: 2017-03-03 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU GURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: YULI PUTRI JUWITA, NIM. 13410059 (2017) PENGEMBANGAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA TAMAN MADYA IBU PAWIYATAN TAMAN SISWI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25192/1/13410059_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25192/2/13410059_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf