@phdthesis{digilib25232, month = {February}, title = {ANALISIS TEXT BOOK ?AL-?ARABIYYAH BAINA YADAIK JILID I?}, school = {UIN Sunan Kalijaga}, author = {NIM. 10420101 Iffah Tsunaya}, year = {2017}, note = {Dr. H. Tulus Mustofa, Lc., M.A.}, keywords = {Analisis Text Book, Perkembangan Kognitif Remaja.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25232/}, abstract = {Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta bahwa para penulis buku cenderung menulis buku tanpa mempertimbangkan kepentingan siswa atau tidak disesuaikan dengan minat dan perkembangan usia siswa karena tidak adanya penelitian mengenai psikologi perkembangan kognitif siswa. Buku Al-?Arabiyyah Baina Yadaik Jilid Imerupakan buku yang dipakai sebagai pegangan siswa SMPIT Abu Bakar kelas VII, oleh karena itu peneliti tertarik menganalisis kesesuaian buku dari penyajian materi, bahasa, dan kegiatan evaluasi terhadap psikologi perkembangan kognitif remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) kesesuaian penyajian materi dengan psikologi perkembangan kognitif remaja, 2) kesesuaian bahasa dengan psikologi perkembangan kognitif remaja, 3) kesesuaian kegiatan evaluasi dengan psikologi perkembangan kognitif remaja. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan. metode pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi pada sumber data primer dan sukender, sedangkan teknis analisis data dilakukan dengan 1) Mengkategorikan data berdasarkan rumusan masalah, 2) Mengklasifikasikan data berdasarkan kriteria yang telah ditentukan sesuai dengan rumusan masalah, 3) menarik kesimpulan menggunakan teknik analisis datayang diperkuat dengan membandingkan data dari sumber primer dan sekunder (teknik matrik perbandingan). Kriteria kesesuaian buku berdasarkan pada teori perkembangan kognitif yang diungkapkan oleh Jean Piaget, mengenai karakteristik perkembangan kognitif remaja pada tahap operasional formal (anak usia 11 tahun ke atas) dan karakteristik usia anak sekolah menengah pertama pada setiap tahap perkembangan kognitifnya. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) penyajian materi dalam buku sesuai dengan teori perkembangan kognitif remaja, 2) penggunaan bahasa dalam buku ini sesuai dengan teori perkembangan kognitif remaja, namun memiliki kekurangan dari segi komunikasi, 3) kegiatan latihan dalam buku sesuai dengan teori perkembangan kognitif remaja. Ketiga aspek tersebut menggambarkan bahwa buku teks bahasa Arab Al-?Arabiyyah Baina YadaikJilid I sesuai dengan psikologi perkembangan kognitif remaja.} }