TY - THES N1 - Drs. Dudung Hamdun, M.Si ID - digilib25233 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25233/ A1 - Siti Mariam, NIM. 12420008 Y1 - 2017/02/23/ N2 - Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pemberian reward dan punishment, minat belajar bahasa Arab, dan pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap minat belajar bahasa Arab siswa kelas XI di MAN Godean Sleman Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan mengambil obyek penelitian kelas XI di MAN Godean. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi ?produk moment? yang kemudian di klarifikasi dan diberi kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) proses pemberian reward dan punishment dilakukan saat kegitan belajar dan di luar kegiatan belajar. Pemberian reward yang sering diberikan kepada siswa yaitu pujian, nilai tambahan atau point positif, perhatian, dan hadiah berupa benda Sedangkan pemberian punishment adalah berupa teguran, point negatif, dan hukuman berupa denda. (2) minat belajar siswa terhadap bahasa Arab sangat kurang, akan tetapi setelah menerapkan reward dan punishment, minat siswa sangat cukup berada pada tingkatan sedang. (3) terdapat pengaruh yang signifikan dalam pemberian reward dan punishment terhadap minat belajar bahasa Arab berdasarkan nilai thitung yang diperoleh sebesar 4,751 > ttabel yang diperoleh sebesar 1,993, dengan besar koefisisen korelasi 0,486 dengan kategori cukup kuat, dan setelah mencari koefisien determinasi diketahui bahwa 23,6% minat belajar bahasa Arab turut ditentukan oleh pemberian reward dan punishment. PB - UIN Sunan Kalijaga KW - Pengaruh KW - proses pemberian reward dan punishment KW - minat belajar bahasa Arab M1 - skripsi TI - PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI DI MAN GODEAN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017 AV - restricted EP - 203 ER -