TY - THES N1 - Drs. Mujahid, M. Ag ID - digilib25241 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25241/ A1 - MAITSA ULINNUHA ASSALWA, NIM. 13410179 Y1 - 2017/02/28/ N2 - Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa idealnya metode tikra?r efektif dan mudah diaplikasikan dan diterapkan dalam proses h?ifz?ul qur?an bagi santri Madrasah Aliyan Ponpes Al Iman Muntilan. Namun pada kenyataannya metode ini tidak benar-benar efektif bagi semua santri. Oleh karena itu, diadakan penelitian tentang efektivitas metode tikra?r dalam program h?ifz?ul qur?an santri Madrasah Aliyah Ponpes Islam Al Iman Muntilan Magelang. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana penerapan metode tikra?r dan bagaimana efektifitas metode tikra?r dalam program h?ifz?ul qur?an. Tujuan dari penelitian ini adalah mendiskripsikan secara gamblang tentang penerapan dan efektifitas metode tikra?r dalam program h?ifz?ul qur?an santri Madrasah Aliyah Ponpes Al Iman Muntilan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, dengan mengambil latar Ponpes Al Iman Muntilan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dengan memberikan makna terhadap hasil yang dikumpulkan. Pemeriksaan keabsahan data dengan mengadakan triangulasi dengan tiga modus, yaitu dengan menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Pelaksanaan metode tikra?r dalam program h?ifz?ul qur?an santri madrasah aliyah ponpes al iman muntian dilaksanakan dengan beberapa strategi, pertama strategi pengulangan ganda yang dilakukan dua kali sehari yaitu pagi setelah sholat subuh selama 20 menit dan sore setelah sholat asar selama 15 menit. Kedua strategi pengulangan ayat yaitu untuk mendapatkan hafalan yang melekat santri hendaknya menghafal satu ayat dengan 10-20 kali pengulangan baru beralih keayat selanjutnya dan begitu seterusnya. Ketiga menggunakan satu jenis mushaf yang mana mushaf ini sudah ditentukan pesantren. Keempat menggunakan tanda tikra?r serta memahami makna ayat dan memperhatikan ayat serupa. Kelima menyetorkan hafalan kepada pengampu yang bisa dilaksanakan setiap hari. Adapun evaluasi h?ifz?ul qur?an dengan metode tikra?r ini terjadwal selama empat kali dalam setahun. 2). Metode tikra?r merupakan metode yang baik dan efektif bagi santri MA Ponpes Al Iman. Efektivitas metode tikra?r ditunjukkan dengan kemampuan santri dalam satu bulan santri mampu menghafal satu surat panjang dari jus 30/29/28 dan seterusnya atau dua sampai tiga surat pendek dari juz ?amma. Evektivitas metode h?ifz?ul dipengaruhi oleh minat, motivasi, semangat, kedisiplinan dan kemampuan santri. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Metode Tikra?r KW - H?ifz?ul Qur?an. M1 - skripsi TI - EFEKTIVITAS METODE TIKRA?R DALAM PROGRAM H?IFZ?UL QUR?AN SANTRI MADRASAH ALIYAH PONPES AL IMAN MUNTILAN MAGELANG AV - restricted EP - 144 ER -