%A NIM. 11210136 NUR ANNISA DEWI IRKHAMNI %O Dr. Sembodo Ardi Widodo, %T MODEL KURIKULUM BAHASA ARAB KELAS VII MTSN GODEAN DAN SMPIT IBNU ABBAS GODEAN TAHUN AJARAN 2016/2017 (STUDI KOMPARATIF ATAS KOMPETENSI, MATERI, METODE, DAN EVALUASI) %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persamaan dan perbedaan yang terdapat dalam kurikulum bahasa Arab kelas VII MTsN Godean dan SMPIT Ibnu Abbas Godean atas kompetensi, materi,metode, dan evaluasi. Serta mengetahui kelebihan dan kekurangan dari kedua kurikulum tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Sumber data primer yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi di MTsN Godean dan SMPIT Ibnu Abbas Godean. Sumber data sekunder adalah buku-buku penunjang yang terkait dengan kedua kurikulum tersebut. Analisis data menggunakan analisis isi dan analisis komparasi. Berdasarkan analisis diperoleh kesimpulan, kompetensi dalam kurikulum Bahasa Arab kelas VII MTsN Godean dan SMPIT Ibnu Abbas Godean sama-sama untuk mendorong dalam kemampuan berbahasa yang seimbang . Perbedaannya adalah jika kurikulum bahasa Arab kelas VII MTsN Godean mencakup kompetensi inti sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan ketrampilan. Sedangkan di SMPIT Ibnu Abbas Godean mencakup kompetensi inti empat ketrampilan berbahasa (istima’, kalam, qira’ah, dan kitabah). Materi bahasa Arab kelas VII MTsN Godean dan SMPIT Ibnu Abbas memiliki tema tema yang sama. Perbedaannya, jika dalam kurikulum MTsN Godean materi yang diajarkan berupa aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik, sedangkan di SMPIT Ibnu Abbas Godean diutamakan aspek kognitif dan psikomotorik. Metode pembelajaran bahasa Arab yang sering digunakan guru MTsN Godean dan SMPIT Ibnu Abbas Godean adalah metode ceramah dan diskusi. Perbedaannya terletak pada pendekatan yang digunakan, MTsN Godean menggunakan pendekatan saintifik, sedangkan di SMPIT Ibnu Abbas Godean menggunakan pendekatan yang bervariasi. Evaluasi yang dilaksanakan di MTsN Godean adalah evaluasi otentik yang menilai keseluruhan pembelajaran dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik, sedangkan penilaian di SMPIT Ibnu Abbas Godean cenderung menilai aspek kognitif dan ketrampilan. Kurikulum MTsN Godean memiliki kelebihan yaitu kompetensi menyeimbangkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik; tema-temanya lebih terperinci; RPP dan penilaian juga lebih rinci, serta evaluasinya menyeluruh. Kelebihan kurikulum SMPIT Ibnu Abbas Godean adalah kompetensinya sesuai untuk meningkatkan empat ketrampilan berbahasa. Kekurangan kurikulum MTsN Godean dan SMPIT Ibnu Abbas Godean, guru sering menggunakan metode ceramah yang monoton, guru kurang disiplin dalam administrasi seperti silabus dan RPP. Kurikulum bahasa Arab kelas VII SMPIT Ibnu Abbas Godean hanya menekankan pada aspek kognitif. %K kurikulum bahasa arab, studi komparatif, %D 2017 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib25255