<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "RELASI LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN DALAM KELUARGA\r\nMENURUT SYEIKH NAWAWI BANTEN DALAM KITAB TAFSIR MARAH\r\nLABID DAN BUYA HAMKA DALAM KITAB TAFSIR AL-AZHAR( STUDI\r\nKOMPARASI PENAFSIRANQ.S. AN-NISA’(4) : 34)"^^ . "Islam adalah agama rahmatan lil alamin yang memberi perlindungan\r\nkepada pemeluknya secara menyeluruh tanpa pandang bulu, pernyataan ini sudah\r\ntermaktub dalam Al Qur’an sebagai sumber hukum utama umat Islam. Islam\r\nsebagi agama mengajarkan ketakwaan dan penghambaan total kepada Allah\r\nsebagi titik tolak melihat drajat manusia tanpa membedakan jenis kelamin.\r\nModel penafsiran pada era klasik, pada umumnya menafsirkan perempuan\r\npada posisi interialitas dan laki-laki superioritas tidak yang memiliki hak sama\r\ndengan laki-laki. Hal itu wajar saja karena kemunculan era tafsir tersebut ada pada\r\nabad dimana kebudayaan patriarkhi. Penulis mencoba meneliti tentang penafsiran\r\ntentang dua tokoh tafsir Indonesia yang keduanya sama-sama hidup di zaman era\r\nmodern tetapi dengan lingkup yang berbeda. Yaitu mengkomparasikan penafsiran\r\nSyeikh Nawawi Banten dalam kitab tafsir Marah Labid dan Buya Hamka dalam\r\nkitab tafsir al-Azhar dengan melihat kedua penafsiran tentang relasi laki-laki dan\r\nperempuan dalam keluarga pada Q.S. an-Nisa’ (4): 34. Dengan melihat dari yang\r\nmempengaruhi pemikirannya dan sosial, budaya pada masa itu.\r\nPenelitian ini tergolong ke dalam kualitatif. Sumber datanya terdiri dari\r\ndua macam yakni primer dan sekunder. data primer diperoleh melalui kitab tafsir\r\nMarah labid karya Syeikh Nawawi Banten dan kitab tafsir al-Azhar Buya Hamka,\r\ndan karya keduanya berupa buku maupun artikel. Sedangkan data sekunder\r\ndiperoleh dari karya-karya orang lain tentang Syeikh Nawawi Banten dan Buya\r\nHamka, baik berupa buku maupun artikel. Penelitian ini bersifat diskriptifanalitis-\r\nkomparatif.\r\nPenelitian ini membahas tentang masalah relasi laki-laki dan perempuan\r\ndalam memimpin keluarga pada surat an-Nisa’(4) ayat 34 dengan mengutarakan\r\npendapat dua tokoh ulama’ tafsir dari Indonesia yaitu kitab tafsir Marah Labid\r\nkarya Syeikh Nawawi Banten dan kitab tafsir al-Azhar karya Buya Hamka dengan\r\nmenggunakan pendekataan metodologi komparasi. Hasil analisis dalam penelitian\r\nini menyimpulkan dua hal. Pertama, Syeikh Nawawi Banten dalam menafsirkan\r\nsurat an-Nisa’(4) ayat 34 Menurutnya yang dimaksud kata qawwam adalah\r\nkaum laki-laki sebagai pemimpin bagi wanita, yaitu suami memiliki kekuasaan\r\nuntuk mendidik istri (musallatuna ‘ala ta’dibihina). Allah melebihkan laki-laki\r\natas wanita karena kaum laki-laki (suami) memberikan harta kepada kaum wanita\r\n(istri) dalam pernikahan, seperti mahar dan nafkah. Sedangkan Buya Hamka\r\ndalam menafsirkan ayat tersebut bahwa dalam kata qawwam beliau menafsirkan\r\nsebagai pemimpin, sehingga laki-laki sebagai pemimpin perempuan, tapi\r\nmenurutnya bukan sebuah keharusan. Bahkan laki-laki dan peremuan mempunyai\r\nkedudukan dan tugas yang sama dalam menegakan agama amar ma’ruf nahyi\r\nmunkar dan masalah beribadah."^^ . "2017-03-01" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS USHULUDDIN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 11530048"^^ . "LUTFI AJI ASMAWI"^^ . "NIM. 11530048 LUTFI AJI ASMAWI"^^ . . . . . . "RELASI LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN DALAM KELUARGA\r\nMENURUT SYEIKH NAWAWI BANTEN DALAM KITAB TAFSIR MARAH\r\nLABID DAN BUYA HAMKA DALAM KITAB TAFSIR AL-AZHAR( STUDI\r\nKOMPARASI PENAFSIRANQ.S. AN-NISA’(4) : 34) (Text)"^^ . . . . . "11530048_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "RELASI LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN DALAM KELUARGA\r\nMENURUT SYEIKH NAWAWI BANTEN DALAM KITAB TAFSIR MARAH\r\nLABID DAN BUYA HAMKA DALAM KITAB TAFSIR AL-AZHAR( STUDI\r\nKOMPARASI PENAFSIRANQ.S. AN-NISA’(4) : 34) (Text)"^^ . . . . . "RELASI LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN DALAM KELUARGA\r\nMENURUT SYEIKH NAWAWI BANTEN DALAM KITAB TAFSIR MARAH\r\nLABID DAN BUYA HAMKA DALAM KITAB TAFSIR AL-AZHAR( STUDI\r\nKOMPARASI PENAFSIRANQ.S. AN-NISA’(4) : 34) (Other)"^^ . . . . . . "RELASI LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN DALAM KELUARGA\r\nMENURUT SYEIKH NAWAWI BANTEN DALAM KITAB TAFSIR MARAH\r\nLABID DAN BUYA HAMKA DALAM KITAB TAFSIR AL-AZHAR( STUDI\r\nKOMPARASI PENAFSIRANQ.S. AN-NISA’(4) : 34) (Other)"^^ . . . . . . "RELASI LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN DALAM KELUARGA\r\nMENURUT SYEIKH NAWAWI BANTEN DALAM KITAB TAFSIR MARAH\r\nLABID DAN BUYA HAMKA DALAM KITAB TAFSIR AL-AZHAR( STUDI\r\nKOMPARASI PENAFSIRANQ.S. AN-NISA’(4) : 34) (Other)"^^ . . . . . . "RELASI LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN DALAM KELUARGA\r\nMENURUT SYEIKH NAWAWI BANTEN DALAM KITAB TAFSIR MARAH\r\nLABID DAN BUYA HAMKA DALAM KITAB TAFSIR AL-AZHAR( STUDI\r\nKOMPARASI PENAFSIRANQ.S. AN-NISA’(4) : 34) (Other)"^^ . . . . . . "RELASI LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN DALAM KELUARGA\r\nMENURUT SYEIKH NAWAWI BANTEN DALAM KITAB TAFSIR MARAH\r\nLABID DAN BUYA HAMKA DALAM KITAB TAFSIR AL-AZHAR( STUDI\r\nKOMPARASI PENAFSIRANQ.S. AN-NISA’(4) : 34) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "RELASI LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN DALAM KELUARGA\r\nMENURUT SYEIKH NAWAWI BANTEN DALAM KITAB TAFSIR MARAH\r\nLABID DAN BUYA HAMKA DALAM KITAB TAFSIR AL-AZHAR( STUDI\r\nKOMPARASI PENAFSIRANQ.S. AN-NISA’(4) : 34) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "RELASI LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN DALAM KELUARGA\r\nMENURUT SYEIKH NAWAWI BANTEN DALAM KITAB TAFSIR MARAH\r\nLABID DAN BUYA HAMKA DALAM KITAB TAFSIR AL-AZHAR( STUDI\r\nKOMPARASI PENAFSIRANQ.S. AN-NISA’(4) : 34) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "RELASI LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN DALAM KELUARGA\r\nMENURUT SYEIKH NAWAWI BANTEN DALAM KITAB TAFSIR MARAH\r\nLABID DAN BUYA HAMKA DALAM KITAB TAFSIR AL-AZHAR( STUDI\r\nKOMPARASI PENAFSIRANQ.S. AN-NISA’(4) : 34) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #25259 \n\nRELASI LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN DALAM KELUARGA \nMENURUT SYEIKH NAWAWI BANTEN DALAM KITAB TAFSIR MARAH \nLABID DAN BUYA HAMKA DALAM KITAB TAFSIR AL-AZHAR( STUDI \nKOMPARASI PENAFSIRANQ.S. AN-NISA’(4) : 34)\n\n" . "text/html" . . . "Ilmu Alqur’an dan Tafsir " . .