%0 Thesis %9 Skripsi %A RAHMAT DANAR DUHRI, NIM. 12420102 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2017 %F digilib:25262 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Studi Komparasi, An-Nahwu Al-Wadih, Muzakkiratun Nahwi wassarfi, Metodologi Pembelajaran Nahwu. %P 140 %T STUDI KOMPARASI KITAB AN-NAHWU AL-WADIH LIL MARHALAH 23 02 lIL-IBTIDA´IYYAH DENGAN KITAB MUZAKKIRATUN NAHWI WAS-SARFI (ANALISIS METODOLOGI PEMBELAJARAN NAHWU) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25262/ %X Penelitian ini merupakan penelitian studi kepustakaan atau library research. Objek penelitian ini adalah kitab An-Nahwu al-Wadih lil Marhalah al-Ibtidaiyyahdan Muzakkiratun Nahwi was-Sarfi.Penelitian bertujuan untuk mengetahui seleksi, gradasi, repetisi serta komparasi dari kitab An-Nahwu al- Wadih lil Marhalah al-Ibtidaiyyahdan Muzakkiratun Nahwi was-Sarfi. Penelitian ini mengkaji analisis metodologi pembelajaran nahwu dari kitab An-Nahwu al-Wadih lil Marhalah al-Ibtidaiyyahdan Muz|akkiratun Nahwi was-Sarfi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode deskriptif analisis komparatif. Hasil dari penelitian ini adalah komparasi metode nahwu dari kitab An-Nahwu al-Wadih lil Marhalah al-Ibtidaiyyah dan Muzakkiratun Nahwi was-Sarfi sama-sama menggunakan metode induktif atau istiqra’i. Dari segi seleksi kosa kata kitab An-Nahwu al-Wadih lil Marhalah al-Ibtidaiyyah, kitab ini memiliki tujuan untuk memahamkan pembaca menggunakan kosa kata yang digunakan sehari-hari sedangkan seleksi kitab Muzakkiratun Nahwi was-Sarfi mengintegrasikan nahwu dengan ayat al-Qur’an. Kemudian, dari jenis gradasi, kitab An-Nahwu al-Wadih lil Marhalah al-Ibtidaiyyah menggunakan gradasi putar, sedangkan kitab Muzakkiratun Nahwi was-Sarfi menggunakan gradasi lurus. Repetisi kitab An-Nahwu al-Wadih lil Marhalah al-Ibtidaiyyah sudah baik,karena mencantumkan repetisi berupa latihan yang beragam, sedangkan repetisi kitab Muz|akkiratun Nahwi was-Sarfi masih kurang baik, karena tidak setiap bab terdapat latihan. %Z Dr. H. Maksudin, M. Ag.