eprintid: 25308 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/02/53/08 datestamp: 2017-05-04 07:27:15 lastmod: 2017-05-04 07:27:15 status_changed: 2017-05-04 07:27:15 type: article metadata_visibility: show creators_name: Anggraeni, Melly creators_name: Yuliawati, Fitri title: PENGARUH PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK PENDIDIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPA DI MI MUHAMMADIYAH TASKOMBANG ispublished: pub subjects: PF divisions: jurn_bidayah full_text_status: public keywords: learners’ perception, teachers’ pedagogy competence, and motivation of studying Natural Science, Persepsi peserta didik, kompetensi pedagogik pendidik, dan motivasi belajar IPA abstract: The objective of this research is to find out the effect of learners’ perception on teacher’s pedagogy competence towards motivation of studying Natural Science at MI Muhammadyah Taskombang. This research uses quantitative approach with causal associative survey method. The data collection technique uses questionnaire method. Observation, interview, and documentation methods are used to support the main data. The data analysis uses correlation product moment and is continued with simple linear regression. The result of the research indicates that there is an effect of learners’ perception on teacher’s pedagogy competence towards motivation of studying Natural Science at MI Muhammadyah Taskombang Klaten in academic year 2015/2016. It is proven with t calculate score result of t table (2.925 > 1.687), so Ha is accepted and Ho is rejected. Keywords: learners’ perception, teachers’ pedagogy competence, and motivation of studying Natural Science *** Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh persepsi peserta didik tentang kompetensi pedagogik pendidik terhadap motivasi belajar IPA di MI Muhammadiyah Taskombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang bersifat asosiatif kausal (sebab akibat). Teknik pengumpulan data utama menggunakan metode angket. Sebagai pendukung data utama menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan korelasi product moment dilanjutkan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh antara persepsi peserta didik tentang kompetensi pedagogik pendidik terhadap motivasi belajar IPA di MI Muhammadiyah Taskombang Klaten tahun ajaran 2015/2016. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai t hitung lebih besar dari t tabel (2,925 > 1,687), sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Kata Kunci: Persepsi peserta didik, kompetensi pedagogik pendidik, dan motivasi belajar IPA date: 2016-06-01 date_type: published publication: AL BIDAYAH volume: Vol. 8 number: No. 1 publisher: PROGRAM STUDI PGMI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA pagerange: 27-38 refereed: TRUE issn: 2085-0034 citation: Anggraeni, Melly and Yuliawati, Fitri (2016) PENGARUH PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK PENDIDIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPA DI MI MUHAMMADIYAH TASKOMBANG. AL BIDAYAH, Vol. 8 (No. 1). pp. 27-38. ISSN 2085-0034 document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25308/1/cover%20VOL%2008%20N0%2001_Page_1.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25308/2/cover%20VOL%2008%20N0%2001_Page_2.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25308/3/DAFTAR%20ISI.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25308/4/03.%20Melly%20Anggraeni%20dan%20Fitri%20Yuliawati%20-%20PENGARUH%20PERSEPSI%20PESERTA%20DIDIK%20TENTANG%20KOMPETENSI%20PEDAGOGIK%20PENDIDIK%20TERHADAP%20MOTIVASI%20BELAJAR%20IPA%20DI%20MI%20MUHAMMADIYAH%20TASKOMBANG.pdf