%0 Journal Article %@ 2085-0034 %A Batubara, Hamdan Husein %D 2016 %F digilib:25309 %I PROGRAM STUDI PGMI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA %J AL BIDAYAH %K Google Form, Alat Penilaian Kinerja Dosen, Google Form, instrument of lecturer performances %N No. 1 %P 39-50 %T PENGGUNAAN GOOGLE FORM SEBAGAI ALAT PENILAIAN KINERJA DOSEN DI PRODI PGMI UNISKA MUHAMMAD ARSYAD AL BANJARI %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25309/ %V Vol. 8 %X The purpose of this study to know the procedure of creating online questionnaire with Google Form as instrument of lecturer performances and student responding to using it. Analysis descriptive method was implemented within study by using a set of questionnaire and documentation study. The participants for this study are students of department of Islamic Elementary Teacher Education. The results of this study indicated that procedure of development lecturer performance assessment questionnaire on the learning process using Google Form started from planning, creating, publishing and providing usage instructions. Students response data showed that most students like to use an online questionnaire (53.3%), easily accessible (86.7%), time becomes more efficient (80%), save paper (93.3%), know how to use it (86.6%), the display is easily understandable (86.6), Language of questionnaires are appropriate (100%), the materials are appropriate (93.4%). So, Google Form is very useful for teachers and students to collect data lecturer performance. Keywords: Google Form, instrument of lecturer performances. *** Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pembuatan kuesioner online menggunakan Google Form sebagai media penilaian kinerja dosen dan respon mahasiswa terhadap penggunaannya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis dengan teknik pengumpulan data berupa angket dan studi dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa prosedur pengembangan kuesioner penilaian kinerja dosen pada proses pembelajaran menggunakan Google Form dimulai dari tahap merencanakan, membuat, mempublikasikan dan memberikan petunjuk penggunaan. Data respon mahasiswa meunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa suka dengan penggunaan kuesioner online (53,3%), mudah diakses (86,7%), waktu menjadi lebih efesien (80%), menghemat penggunaan kertas (93,3%), mengerti cara menggunakannya (86,6%), tampilannya mudah dimengerti (86,6), Bahasa kuesioner telah sesuai (100%), materinya sudah sesuai (93,4%). Dengan demikian, Google Form sangat bermanfaat bagi dosen dan mahasiswa untuk mengumpulkan data kinerja dosen. Kata kunci: Google Form, Alat Penilaian Kinerja Dosen