relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25311/ title: PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CIRCUIT LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN MID (MEANINGFUL INSTRUKSIONAL DESIGN) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA DITINJAU DARI KREATIVITAS BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS 5 SD NEGERI SEKECAMATAN BALEREJO creator: Samsiyah, Nur creator: Permatasari K.D, Dian creator: Handayani, Titik subject: Metode Pembelajaran description: The learning process that takes place in the form of learning involves two parties between teachers and students that aims to improve student learning outcomes. In Learning language skills there are four skills namely listening skills, speaking, reading, and menulis.Di between the four skills, writing skills is regarded as the most sulit.Keterampilan language skills Writing is one of the language skills that must be mastered by siswa.Pembudayaan expressing ideas or students' ideas in written form can be developed through pendidikan.Namun, dear habituation is not taken seriously in the education system, so that the culture of writing in the student still low and there are still many students who find it difficult to implement write cerita.Maka to overcome this difficulty using MID learning model (meaningfull instructional Design) and learning model learning Circuit. Penggunanaan models pembelajaranMID (meaningfull instructional design). Keywords: Keterampilan Menulis, Model MID, Model Circuit Learning *** Proses pembelajaran yang berlangsung dalam bentuk belajar mengajar melibatkan dua pihak antara guru dan siswa yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam Pembelajaran keterampilan bahasa terdapat empat keterampilan yaitu keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Di antara keempat keterampilan tersebut, keterampilan menulis dianggap sebagai keterampilan berbahasa yang paling sulit. Keterampilan Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh siswa. Pembudayaan menuangkan gagasan atau ide siswa dalam bentuk tulisan dapat dikembangkan melalui pendidikan. Namun, sayang pembiasaan ini belum ditanggapi dengan serius dalam sistem pendidikan, sehingga budaya menulis pada kalangan siswa masih rendah dan masih banyak siswa yang mengalami kesulitan untuk melaksanakan menulis cerita. Maka untuk mengatasi kesulitan tersebut menggunakan model pembelajaran MID (Meaningfull instructional Design) dan model pembelajaran Circuit Learning. Penggunanaan model pembelajaran MID (Meaningfull instructional Design). Kata kunci: Keterampilan Menulis, Model MID, Model Circuit Learning publisher: PROGRAM STUDI PGMI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA date: 2016-06-01 type: Article type: PeerReviewed format: image language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25311/1/cover%20VOL%2008%20N0%2001_Page_1.jpg format: image language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25311/2/cover%20VOL%2008%20N0%2001_Page_2.jpg format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25311/3/DAFTAR%20ISI.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25311/4/06.%20Nur%20Samsiyah%2C%20Dian%20Permatasari%20K.D%2C%20Titik%20Handayani%20-%20PENGARUH%20PENGGUNAAN%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20CIRCUIT%20LEARNING%20DAN%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20MID%20%28MEANINGFUL%20%20INSTRUKSIONAL%20DESIGN%29.pdf identifier: Samsiyah, Nur and Permatasari K.D, Dian and Handayani, Titik (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CIRCUIT LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN MID (MEANINGFUL INSTRUKSIONAL DESIGN) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA DITINJAU DARI KREATIVITAS BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS 5 SD NEGERI SEKECAMATAN BALEREJO. AL BIDAYAH, Vol. 8 (No. 1). pp. 61-72. ISSN 2085-0034