%A Sigit Prasetyo %J AL BIDAYAH %T IMPLIKASI AJARAN PESTALOZZI DALAM PEMBELAJARAN SAINS DI MI-SD PENYELENGGARA INKLUSI %X Considering the importance of local culture role in shaping citizens’ personality and character, this study presents the importance of reactualizing Moral Values in Macapat Song in Javanese Culture and Literature as the reinforcement of character education in Curriculum of 2013. Until nowadays, Macapat Song is still very popular in Javanese society culture, even in formal institutions such as public or islamic schools start from Primary to Senior High School. This research uses description and comparison method. Steps taken in this research are as follows: Describing the learning content of Macapat Song by using the verses concrning Moral learnings. Macapat Song that has been described is translated into Indonesian Language. Then the parts concerning moral learning are analized. Finally, the researcher draws a conclusion about the content of Macapat song learning which has relationship with Moral learning as the enforcement of Character Education according to the research and objective of the research. The research result indicates that moral values of Javanese literature are still relevant with present society life. Thereofore it can be a paragon and souce of moral values for Indonesian nation. In this global era, there is a tendency that the society accepts external culture directly. It is not always good and useful. Therefore, it can be anticipated by maintaining local culture wisdom values. Moral values consisting in Javanese Literature is Adiluhung heritage trusted by the society since the old times that can be used as the enforcement of character education for the next generation in order to anticipate negative effects of globalization. Keywords: moral values, macapat song, description method, comparison method. [INDONESIA] Mengingat arti pentingnya peran budaya lokal dalam membentuk kepribadian dan karakter bangsa, dalam tulisan ini akan disajikan arti pentingnya mengaktualisasikan kembali Nilai-nilai Moral dalam Tembang Macapat yang terdapat dalam Budaya dan kesusasteraan Jawa sebagai penguatan pendidikan karakter dalam kurikulum 2013. Sampai saat ini tembang Macapat masih sangat populer dalam kebudayaan masyarakat Jawa, bahkan diajaran dalam lembaga formal di sekolah dan madrasah mulai dari Sekolah Dasar sampai Sekolah Menengah Atas. Dalam penelitian ini digunakan metode deskripsi dan komparasi. Maka langkahlangkah yang ditempuh dalam penelitian ini sebagai berikut: Mendeskripsikan isi ajaran Tembang Macapat, dengan cara mengambil bait-bait tembang Macapt yang ada hubungannya dengan ajaran-ajaran Moral, Tembang Macapat yang telah dideskripsikan, diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, Menganalisis tembang Macapat yang telah dideskripsikan dan diterjemahkan, yang di analisis dipilih bagian-bagian yang ada hubungannya dengan ajaran moral, Menarik kesimpulan mengenai isi ajaran tembang Macapat, yang ada hubungannya dengan ajaran Moral sebagai penguatan Pendidikan Karakter, sesuai dengan permasalahan dan tujuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan nilai-nilai moral dalam kesusasteraan Jawa jika dikaji dan dicermati isinya masih relevan dengan kehidupan masyarakat sekarang, sehingga dapat dijadikan suri tauladan dan sumber nilai moral bagi bangsa Indonesia dewasa ini. Di era global saat ini ada kecenderungan masyarakat menerima langsung budaya luar, hal ini belum tentu baik dan bermanfaat. Untuk itu dapat diantisipasi dengan tetap menjaga nilai-nilai kearifan budaya lokal. Nilai-nilai moral yang terdapat dalam kesusasteraan Jawa, merupakan warisan Adhiluhung yang diyakini oleh masyarakat sejak masa lampau, yang dapat digunakan sebagai penguatan pendidikan karakter bagi generasi penerusnya dalam rangka mengantisipasi dampak negatif globalisasi. Kata kunci: nilai moral, tembang macapat, metode deskripsi, metode komparasi %N No. 1 %K nilai moral, tembang macapat, metode deskripsi, metode komparasi, moral values, macapat song, description method, comparison method %P 89-112 %V Vol. 8 %D 2016 %I PROGRAM STUDI PGMI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib25313