<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "EVALUASI PELAKSANAAN ASESMEN OTENTIK KURIKULUM 2013 DI MI YOGYAKARTA"^^ . "The change of school-based curriculum or KTSP became curriculum 2013 (K1)\r\nimpossed at some schools in Yogyakarta, particularly at Madrasah Ibtidaiyah (MI)\r\ndid not run well. There were some improvements on Education National Standard\r\n(SNP), one of them was the assessment standard. Assessment utilized on curriculum\r\n2013 was authentic assessment. It was based on data which reflected educator ability,\r\nwhich was assessment based on process and result of learning. Also it included\r\nthree areas, which were knowledge, skill and atttitudes in overal. This research was\r\naimed to evaluate the implementation and authentic assessment in the learning at\r\nMIN Jejeran Bantul, MIN Yogyakarta I and MIN Yogyakarta II, which covered; 1)\r\nauthentic planning in learnig process; 3) obstacles faced.\r\nThe research was qualitative research, the data collection was done by observation,\r\ninterview, and documentation. The data presentation was done by organizing\r\nsystematically the data obtained, the data legality was done by source and method\r\ntriangulation. This qualitative data anlysis was descriptive-analytic using procedure\r\nof data collection, reduction, presentation and conclusion drawing.\r\nThe research result indicated that authentic assessment planning was carried out\r\nduring the Lesson Plan making. The techniques and instruments utilized in this\r\nauthentic assessment were observation, self and among educators’ assessment,\r\njournals, oral and written tests, assignment and performance presentation. Authentic\r\nassessment process was carried out integratically using thenatuc learning process\r\nin classroom.\r\nFactors that supported authentic assessment were teacher’s refference book,\r\nworkshop, and training relevant to curriculum 2013, and good cooperation among\r\nteachers. While the obstacle factors were too many areas, evaluation types to assess, thematic books were difficult to find, and teachers found difficulty in sorting and\r\ngrouping questions as the KD.\r\nKeywords: authentic assessment, curriculum 2013\r\nABSTRAK\r\nPerubahan KTSP menjadi kurikulum 2013 (K13) yang diberlakukan di beberapa\r\nsekolah di Yogyakarta, khususnya di Madrasah Ibtidaiyah (MI), tidak semuanya\r\nberjalan dengan lancar.Terdapat beberapa penyempurnaan pada Standar Nasional\r\nPendidikan (SNP), salah satu standar yang disempurnakan adalah standar\r\npenilaiannya. Penilaian yang digunakan pada kurikulum 2013 adalah penilaian\r\nautentik. Penilaian ini didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan\r\npeserta didik, yakni penilaian yang didasarkan proses dan hasil pembelajaran, serta\r\nmeliputi tiga ranah, yaitu pengetahuan, keterampilan dan sikap secara menyeluruh.\r\nPenelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan penilaian autentik dalam\r\npembelajaran di MIN Jejeran Bantul, MIN Yogyakarta I dan MIN Yogyakarta II,\r\nmeliputi; 1) perencanaan asesmen otentik; 2) implementasi asesmen otentik dalam\r\nproses pembelajaran; 3) kendala yang dihadapi.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan\r\ncara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penyajian data dilakukan dengan\r\nmenyusun secara sistematis data-data yang diperoleh, keabsahan data dilakukan\r\ndengan triangulasi sumber dan metode. Analisis data kualitatif ini bersifat deskriptifanalitik,\r\ndengan prosedur mengumpulkan data, reduksi data, menyajikan data, dan\r\nmenarik kesimpulan.\r\nHasil penelitian menunjukkan Perencanaan penilaian autentik dilakukan pada saat\r\npembuatan RPP. Teknik dan instrumen yang digunakan dalam penilaian autentik\r\nadalah observasi, penilaian diri, penilaian antar peserta didik, jurnal, tes lisan,\r\ntes tertulis, penugasan, dan unjuk kerja. Proses penilaian autentik dilaksanakan\r\nterintegrasi dengan proses pembelajaran tematik di kelas. Faktor pendukung dalam\r\npelaksanaan penilaian autentik antara lain, adanya buku panduan guru, workshop\r\ndan diklat terkait kurikulum 2013, dan kerjasama yang baik antar guru. Sementara\r\nitu faktor penghambatnya yakni, terlalu banyaknya ranah yang dinilai, banyaknya\r\njenis evaluasi, sulit didapatkannya buku tematik, dan guru merasa ada kesulitan\r\ntersendiri saat mereka memilah dan mengelompokkan soal sesuai dengan KD nya.\r\nFaktor penghambatnya adalah terlalu banyak ranah yang dinilai, sulit didapat dan\r\nterlambatnya buku tematik, serta adanya kesulitan tersendiri yang dialami oleh guru\r\nsaat memilah dan mengelompokkan soal sesuai dengan KD.\r\nKata kunci: Asesmen otentik, Kurikulum 2013"^^ . "2016-12-01" . . . . . "Vol. 8" . "No. 2" . . "PROGRAM STUDI PGMI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "AL BIDAYAH"^^ . . . "20850034" . . . . . . . "Siti"^^ . "FATONAH"^^ . "Siti FATONAH"^^ . . . . . . "EVALUASI PELAKSANAAN ASESMEN OTENTIK KURIKULUM 2013 DI MI YOGYAKARTA (Image)"^^ . . . . "cover AL BIDAYAH VOL 8 No 2_Page_1.jpg"^^ . . . "EVALUASI PELAKSANAAN ASESMEN OTENTIK KURIKULUM 2013 DI MI YOGYAKARTA (Image)"^^ . . . . "cover AL BIDAYAH VOL 8 No 2_Page_2.jpg"^^ . . . "EVALUASI PELAKSANAAN ASESMEN OTENTIK KURIKULUM 2013 DI MI YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . . . "DAFTAR ISI.pdf"^^ . . . "EVALUASI PELAKSANAAN ASESMEN OTENTIK KURIKULUM 2013 DI MI YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . . . "01. Siti Fatonah - EVALUASI PELAKSANAAN ASESMEN OTENTIK KURIKULUM 2013 DI MI YOGYAKARTA.pdf"^^ . . . "EVALUASI PELAKSANAAN ASESMEN OTENTIK KURIKULUM 2013 DI MI YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "EVALUASI PELAKSANAAN ASESMEN OTENTIK KURIKULUM 2013 DI MI YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "EVALUASI PELAKSANAAN ASESMEN OTENTIK KURIKULUM 2013 DI MI YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "EVALUASI PELAKSANAAN ASESMEN OTENTIK KURIKULUM 2013 DI MI YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "EVALUASI PELAKSANAAN ASESMEN OTENTIK KURIKULUM 2013 DI MI YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "EVALUASI PELAKSANAAN ASESMEN OTENTIK KURIKULUM 2013 DI MI YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "EVALUASI PELAKSANAAN ASESMEN OTENTIK KURIKULUM 2013 DI MI YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "EVALUASI PELAKSANAAN ASESMEN OTENTIK KURIKULUM 2013 DI MI YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "EVALUASI PELAKSANAAN ASESMEN OTENTIK KURIKULUM 2013 DI MI YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "EVALUASI PELAKSANAAN ASESMEN OTENTIK KURIKULUM 2013 DI MI YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "EVALUASI PELAKSANAAN ASESMEN OTENTIK KURIKULUM 2013 DI MI YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "EVALUASI PELAKSANAAN ASESMEN OTENTIK KURIKULUM 2013 DI MI YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "EVALUASI PELAKSANAAN ASESMEN OTENTIK KURIKULUM 2013 DI MI YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "EVALUASI PELAKSANAAN ASESMEN OTENTIK KURIKULUM 2013 DI MI YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "EVALUASI PELAKSANAAN ASESMEN OTENTIK KURIKULUM 2013 DI MI YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "EVALUASI PELAKSANAAN ASESMEN OTENTIK KURIKULUM 2013 DI MI YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #25314 \n\nEVALUASI PELAKSANAAN ASESMEN OTENTIK KURIKULUM 2013 DI MI YOGYAKARTA\n\n" . "text/html" . . . "Evaluasi Pendidikan" . .