TY - JOUR ID - digilib25315 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25315/ IS - No. 2 A1 - Anisah, Nisfi A1 - Nugraheni, Aninditya Sri N2 - Reading was a skill which was closely related to various knowledge aspects, both social or science knowledge. Even, it was one of aspects of Bahasa Indonesia learning scopes. As th content standard of Madrasah Ibtidaiyah that stated ?what had been the expectation in the end of education at Madrasah Ibtidaiyah was that students had read at least nine literature and non literature books.? However for some of students of MIN Wonosari, reading was boring. The research was quantitative research with population of all Grade V students of MIN Wonosari Gunung Kidul in the academic year 2015/2016, that numbers were 39 students. The sampling collection was conducted using saturated technique towards 37 students. The data collection method utilized questionaire, documentation, observation and interview to support secondary data. The analysis requirement test utilized normality and linearity test. The analysis technique utilized was product moment correlation. The research result indicated that (1) reading interest of Grade V students at MIN Wonosari in academic 2015/2016 was grouped in moderate category with persentage 67.6% (2) students? learning achivement of Grade V at MIN Wonosari in academic year 2015/2016 was included in moderate category with percentage 64.9%, (3) there were positive relationship between reading?s interest and learning assessment, which was rxy = 0.724 and regression equation was obtained Y Y= 47.985 + 0.632 (X). Keywords: correlation, reading interest, learning achivement Abstrak Membaca merupakan sebuah keterampilan yang berkaitan erat dengan berbagai aspek pengetahuan, baik pengetahuan tentang ilmu sosial maupun sains. Bahkan membaca merupakan salah satu aspek ruang lingkup dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Sesuai dalam standar isi Madrasah Ibtidaiyah yang menyatakan bahwa ?Yang diharapkan pada akhir pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah, peserta didik telah membaca sekurang-kurangnya sembilan buku sastra dan nonsastra?. Namun, bagi sebagian siswa MIN Wonosari membaca adalah suatu hal yang dianggap membosankan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi seluruh siswa kelas V MIN Wonosari Gunungkidul Yogyakarta tahun pelajaran 2015/2016 sejumlah 39 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan teknik sampel jenuh dengan jumlah 37 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dokumentasi. serta observasi dan wawancara untuk mendukung data sekunder. Uji prasyarat analisis digunakan uji normalitas dan linieritas. Teknik analisis yang digunakan adalah korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) minat baca siswa kelas V MIN Wonosari tahun pelajaran 2015/2016 termasuk kategori sedang dengan persentase 67,6%, (2) prestasi belajar siswa kelas V MIN Wonosari tahun pelajaran 2015/2016 termasuk kategori sedang dengan persentase sebesar 64,9%, (3) terdapat hubungan yang positif antara minat baca dengan prestasi belajar sebesar rxy = 0,724 dan diperoleh persamaan regresi Y= 47,985 + 0,632 (X). Kata kunci: Korelasi, Minat Baca, Prestasi Belajar VL - Vol. 8 TI - 02. , Aninditya Sri - KORELASI ANTARA MINAT BACA DENGAN PRESTASI BELAJAR KELAS V MIN WONOSARI GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015-2016 AV - public EP - 138 Y1 - 2016/12/01/ PB - PROGRAM STUDI PGMI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA JF - AL BIDAYAH KW - Korelasi KW - Minat Baca KW - Prestasi Belajar KW - correlation KW - reading interest KW - learning achivement SN - 2085-0034 SP - 129 ER -