eprintid: 25321 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/02/53/21 datestamp: 2017-05-12 01:12:17 lastmod: 2017-05-12 01:12:17 status_changed: 2017-05-12 01:12:17 type: article metadata_visibility: show creators_name: Aminah, Munawaroh Epriliani creators_name: Nisa, Ana Fitrotun title: STRATEGI MENGUSIK (MENGEJA DENGAN MUSIK) SEBAGAI CARA CEPAT BELAJAR MEMBACA PERMULAAN DI SEKOLAH DASAR ispublished: pub subjects: met_pemb divisions: jurn_bidayah full_text_status: public keywords: strategi, musik, membaca, permulaan, Sekolah Dasar abstract: Early reading difficulties became its own problems at the level of elementary school. Early reading is a skill that underlies students to master languange skills further. At the beginning of elementary school classes, students are in a period of play. This leads to students dificult to receive lessons taught seriously. Lesson activities must be oriented to play while learning. In the world of children, singing, song, and music are very closely with their world. So, to adjust their world of play and learn, formulated a “mengusik” strategy. With this strategy, students at the beginning of elementary school classes are still having trouble mastering early reading skills are expected to more quickly master it so they immediately master the languange skills further. Key Words: strategy, music, early, reading, elementary school ABSTRAK Kesulitan membaca permulaan menjadi permasalahan tersendiri pada jenjang Sekolah Dasar (SD). Membaca permulaan adalah keterampilan yang mendasari peserta didik untuk menguasai keterampilan-keterampilan berbahasa selanjutnya. Pada kelas awal jenjang sekolah dasar, peserta didik berada pada masa bermain. Hal ini menyebabkan peserta didik sulit untuk menerima pembelajaran yang diajarkan secara serius. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan harus berorientasi pada bermain sambil belajar. Dalam dunia anak, nyanyian, lagu, dan musik sangat erat dengan dunia mereka. Jadi, untuk menyesuaikan dunia bermain dan belajar mereka, disusunlah strategi mengusik. Dengan strategi ini, peserta didik di kelas awal jenjang sekolah dasar yang masih kesulitan menguasai keterampilan membaca permulaan diharapkan dapat lebih cepat menguasainya supaya mereka segera menguasai keterampilan-keterampilan berbahasa selanjutnya. Kata Kunci: strategi, musik, membaca, permulaan, Sekolah Dasar date: 2016-12-01 date_type: published publication: AL BIDAYAH volume: Vol. 8 number: No. 2 publisher: PROGRAM STUDI PGMI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA pagerange: 185-194 refereed: TRUE issn: 2085-0034 citation: Aminah, Munawaroh Epriliani and Nisa, Ana Fitrotun (2016) STRATEGI MENGUSIK (MENGEJA DENGAN MUSIK) SEBAGAI CARA CEPAT BELAJAR MEMBACA PERMULAAN DI SEKOLAH DASAR. AL BIDAYAH, Vol. 8 (No. 2). pp. 185-194. ISSN 2085-0034 document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25321/1/cover%20AL%20BIDAYAH%20VOL%208%20No%202_Page_1.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25321/2/cover%20AL%20BIDAYAH%20VOL%208%20No%202_Page_2.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25321/3/DAFTAR%20ISI.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25321/4/06.%20Munawaroh%20Epriliani%20Aminah%20dan%20Ana%20Fitrotun%20Nisa%20-%20STRATEGI%20MENGUSIK%20%28MENGEJA%20DENGAN%20MUSIK%29%20SEBAGAI%20CARA%20CEPAT%20BELAJAR%20MEMBACA%20PERMULAAN%20DI%20SEKOLAH%20DASAR.pdf