<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "\"ISLAM KAFFAH''\r\nDalam TaJSlr Al-Maniir dan TaJSlr Fi ,?iliil al-Qur'iin\r\n(Studi Komparatif)"^^ . "ABSTRAK\r\n\r\nIslam Kiffah merupakan permasalahan yang menarik untuk dikaji, sebab secara realitas banyak yang \r\nmengatakan bahwa pola beragama kita masih cenderung sepotong-sepotong, tidak utuh (tidak kaJfah) \r\nsehingga perilaku umat yang beragama terkesan hanya menonjolkan aspek tertentu dan menafikan aspek \r\nlain. Hakikat agama tidak hanya diamalkan secara ritual formal, yang lebih penting adalah \r\ndiamalkan dalam aspek kehidupan umat manusia. Persoalannya adalah Kalau kita berislam secara \r\nkaffah, pertanyaannya adalah \"how kiffah can you go?\" Masing­ masing orang berlomba paling ka.ffah \r\ndari yang lain. Orang-orang yang masih satu senti kurang kaffah dianggap kurang \"Islami\" oleh \r\norang-orang lain yang kebetulan mengangap lebih kaffah, dan setenisnya.\r\nIslam KaYfah bermula dari basil penafsiran atau pemahaman dari salah satu\r\nayat dalam al-Qur'an, maka dari itu . perlu dikaji ulang pemahaman tersebut dari tafsir-tafsir \r\nyang cukup relevan pada masa kini, dengan menggunakan metode tahlili dan bercorak sosial \r\nkemasyarakatan (adabi ijtimi'i), diantaranya Tafslr al-Manir karya Rasy1d riqa dan Tafslr Fi \r\nZjlil al-Qur'in karya Sayyid Qufb. Dalam Tafslr al­ Maniir, penafsiran Muhammad 'Abduh mengenai \r\nIslam Kiffah beliau mengatakan bahwa ayat demi ayat merupakan seruan yang berupa petunjuk \r\nkepada semua manusia, yang mana pada sebelum diturunkan ayat-ayat petunjuk tersebut di jelaskan \r\nadanya pertentangan dan perbedaan pandangan diantara manusia tentang kedamaian dan kesesatan. Maka \r\npada ayat tentang Islam Kiffah (Q.S. al-Baqarah 208) manusia ditunjukkan oleh Allah agar \r\nsupaya manusia berkumpul dalam kedamaian dan kententraman, sedangkan kedamaian dan ketentraman \r\nitu ada dalam agama Islam, Abduh mengatakan dalam Islam haruslah beriman kepada Allah dan Hari \r\nAkhir. 'Abduh juga mengatakan bahwa masuk Islam secara menyeluruh adalah \r\nmelakukan Semua Syari'at Islam yang telah tertera dalam al-Qur' an maupun hadis­ hadis rasulullah , \r\nsedangkan esensi dari syariat adalah penyerahan diri pada perintah Allah dan ikhlas karenanya, \r\npelajaran yang dapat diambil dari Syari'at adalah perdamaian antar sesama manusia dan tidak \r\nadanya peperangan bagi mereka yang telah diberi petunjuk. Dalam ayat ini perintah masuk dalam \r\nIslam mengisyaratkan untuk mencegah sesuatu yang berlawanan dan menghalanginya , artinya, bagi \r\norang yang telah sempuma mereka diperintahkan untuk tetap teguh dan selalu \r\nberkornitmen untuk melaksanakannya, sedangkan yang lainnya (yang belum sempuma) \r\ndiperintahkan untuk mencari kesempumaan itu. Dalam Tafslr Fi ilil al­ Qur'in, Sayyid Qutb \r\nmenafsirkan Islam kiffah dengan mengambarkan tentang masyarakat yang akan memperoleh \r\nkedamaian, adalah masyarakat yang hidup di bawah naungan sistem yang lahir dari aqidah \r\nyang indah dan mulia, serta menyebarkan semangat perdamaian, sistem itu adalah Islam. Pemahaman \r\nyang dapat diambil dari penafsiran Sayyid Qutb tentang \"Islam Kiffah\" adalah apabila umat \r\nberagama, khususnya umat Islam menghendaki suasana yang santun, damai, jauh dari perilaku anarkis, \r\nagama jangan hanya dipahami sekadar amalan ritualistik belaka, tetapi benar-benar dijadikan \r\ninspirasi melakukan perbuatan dalam kehidupan sosial dan tertanam secara jasmani dan rohani pada \r\ndiri setiap insan yang beragama.\r\nDengan kata lain, menurut pendapat kedua penafsir diatas beragama Islam secara kaffah adalah \r\nbagaimana umatnya bisa melaksanakan misi dari agama Islam itu sendiri, yaitu menanamkan arti \r\nkedamaian pada seluruh sendi-sendi kehidupan,baik bagi dirinya ataupun bagi orang lain, tanpa \r\nmembedakan ras, suku, agama, dan lain-lain.\r\n\r\n\r\n\r\n\r\nXV"^^ . "2004-07-01" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS USHULUDDIN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 97532411"^^ . "ABDUL LATIF N."^^ . "NIM. 97532411 ABDUL LATIF N."^^ . . . . . . "\"ISLAM KAFFAH''\r\nDalam TaJSlr Al-Maniir dan TaJSlr Fi ,?iliil al-Qur'iin\r\n(Studi Komparatif) (Text)"^^ . . . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "\"ISLAM KAFFAH''\r\nDalam TaJSlr Al-Maniir dan TaJSlr Fi ,?iliil al-Qur'iin\r\n(Studi Komparatif) (Text)"^^ . . . . . "\"ISLAM KAFFAH''\r\nDalam TaJSlr Al-Maniir dan TaJSlr Fi ,?iliil al-Qur'iin\r\n(Studi Komparatif) (Other)"^^ . . . . . . "\"ISLAM KAFFAH''\r\nDalam TaJSlr Al-Maniir dan TaJSlr Fi ,?iliil al-Qur'iin\r\n(Studi Komparatif) (Other)"^^ . . . . . . "\"ISLAM KAFFAH''\r\nDalam TaJSlr Al-Maniir dan TaJSlr Fi ,?iliil al-Qur'iin\r\n(Studi Komparatif) (Other)"^^ . . . . . . "\"ISLAM KAFFAH''\r\nDalam TaJSlr Al-Maniir dan TaJSlr Fi ,?iliil al-Qur'iin\r\n(Studi Komparatif) (Other)"^^ . . . . . . "\"ISLAM KAFFAH''\r\nDalam TaJSlr Al-Maniir dan TaJSlr Fi ,?iliil al-Qur'iin\r\n(Studi Komparatif) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "\"ISLAM KAFFAH''\r\nDalam TaJSlr Al-Maniir dan TaJSlr Fi ,?iliil al-Qur'iin\r\n(Studi Komparatif) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "\"ISLAM KAFFAH''\r\nDalam TaJSlr Al-Maniir dan TaJSlr Fi ,?iliil al-Qur'iin\r\n(Studi Komparatif) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "\"ISLAM KAFFAH''\r\nDalam TaJSlr Al-Maniir dan TaJSlr Fi ,?iliil al-Qur'iin\r\n(Studi Komparatif) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #25353 \n\n\"ISLAM KAFFAH'' \nDalam TaJSlr Al-Maniir dan TaJSlr Fi ,?iliil al-Qur'iin \n(Studi Komparatif)\n\n" . "text/html" . . . "Tafsir Hadist"@en . .