relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25376/ title: STUDI KOMPARASI PRESTASI BELAJAR PAI SISWA SDN NGRONGGAH I KUNDURAN KABUPATEN BLORA ANTARA SISWA YANG BELAJAR DENGAN YANG TIDAK BELAJAR DI MADRASAH DINIYAH creator: ISMAUN, NIM: 01410871 subject: Pendidikan Agama Islam subject: Pendidikan description: ISMAUN. Studi Komparasi Prestasi Belajar PAI Siswa SDN Ngronggah I Kunduran Kabupaten Blora ·antara Siswa yang Belajar dengan yang tidak Belajar di Madrasah Diniyah. Skripsi. Blora: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2005. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap ada tidaknya perbedaan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di sekolah antara siswa yang belajar dengan yang tidak belajar di Madrasah Diniyah. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV, V dan VI SDN Ngronggah I Kunduran Kabupaten Blora tahun pelajaran 2004/2005 sebanyak 101 siswa. Dalam penelitian ini menggunakan populasi karena besarnya populasi hanya berjumlah 101 siswa. Dalam ketentuan yang ditetapkan oleh Suharsimi Arikunto jika subyeknya kurang dari 100 lebih baik diambil semua, jika subyeknya besar dambil antara 10%-15% atau 20%-25%. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi, interview dan observasi. Analisis data meliputi analisis deskriptif dan analisis data kuantitatif dengan menggunakan perhitungan Test "t" (t "Test) diperoleh basil to yaitu 2,88. dengan demikian to yang diperoleh lebih besar tt yaitu 2,63<2,88> 1,98. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Ada perbedaan positif yang signifikan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di sekolah antara siswa yang belajar dengan yang tidak belajar di Madrasah Diniyah. 2) Terdapatnya perbedaan positif yang signifikan disebabkan oleh beberapa faktor yaitu: sistem organisasi Madrasah Diniyah yang baik, proses pembelajaran yang efektif, sarana Madrasah Diniyah yang cukup mendukung, keadaan fisiologis, keadaan psikologis, keadaan lingkungan keluarga, keadaan lingkungan masyarakat, keadaan lingkungan spiritual atau keagarnaan dan keadaan lingkungan sekolah. Hal ini berarti bahwa semakin baik sistem organisasi Madrasah Diniyah, sernakin efektif proses pembelajaran Madrasah Diniyah, semakin mendukung sarana Madrasah Diniyah, semakin baik keadaan fisiologis, semakin baik keadaan psikologis, semakin baik keadaan lingkungan:1 keluarga, semakin baik keadaan lingkungan masyarakat, semakin baik keadaan Iingkungan spiritual atau keagamaan, dan semakin baik lingkungan sekolah akan semakin tinggi tingkat prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di sekolah siswa yang belajar di Madrasah Diniyah. date: 2005-07-27 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25376/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25376/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf identifier: ISMAUN, NIM: 01410871 (2005) STUDI KOMPARASI PRESTASI BELAJAR PAI SISWA SDN NGRONGGAH I KUNDURAN KABUPATEN BLORA ANTARA SISWA YANG BELAJAR DENGAN YANG TIDAK BELAJAR DI MADRASAH DINIYAH. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.