relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25377/ title: PENGGUNAAN MEDIA KARTU BILANGAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA ANAK AUTIS DI SEKOLAH LUAR BIASA AUTISME DIAN AMANAH YOGYAKARTA creator: ISNAENI MEI NURLAELA, NIM:01430934 subject: Matematika subject: Pendidikan Matematika subject: Tadris description: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika anak autis tentang konsep bilangan dan konsep penjumlahan dengan menggunakan media kartu bilangan. Anak autis adalah anak yang mengalami gangguan perkembangan pervasive yang ditandai adanya gangguan kognitif, perilaku, komunikasi dan interaksi sosial. Anak autis mutlak memerlukan media sebagai perantara untuk mempelajari konsep matematika yang abstrak. Media kartu bilangan berfungsi untuk menjembatani dari konsep bilangan ke lambang bilangan atau dari dunia nyata ke dunia simbol matematik. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek siswa kelas D-1 SLB Autisme Dian Amanah Yogyakarta. Jumlah siswa kelas D-1 (setara dengan SD kelas T) sebanyak 2 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus tindakan. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara tidak terstruktur dengan guru, observasi dan jumal harian. Data peningkatan hasil belajar matematika tentang konsep bilangan dan konsep penjumlahan diperoleh melalui penilaian hasil belajar matematika dari nilai tes sebelum materi diberikan (post tes) dan nilai tes setelah materi diberikan (pre tes). Data hasil belajar matematika dan penilaian keaktivan siswa selama proses pembelajaran matematika dianalisis dengan analisis deskriptif dan menghitung persentase peningkatan nilai setiap siklus tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kartu bilangan dalam pembelajaran matematika anak autis dapat meningkatkan hasil belajar matematika dan meningkatan keaktivan siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Hasil persentase peningkatan yang diperoleh dari tindakan siklus I sampai pada tindakan siklus III sebesar 6,67% untuk subjek I dan persentase peningkatan sebesar 17,64% untuk subjek II merupakan bukti peningkatan hasil belajar dan keaktivan siswa dalam pembelajaran matematika tentang konsep bilangan dan konsep penjumlahan dengan menggunakan media kartu bilangan. date: 2006-04-07 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25377/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25377/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf identifier: ISNAENI MEI NURLAELA, NIM:01430934 (2006) PENGGUNAAN MEDIA KARTU BILANGAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA ANAK AUTIS DI SEKOLAH LUAR BIASA AUTISME DIAN AMANAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.