%0 Thesis %9 Skripsi %A ISNILAILA, NIM: 99414171 %B Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan %D 2005 %F digilib:25379 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K KEAKTIFAN, PROGRAM TADARUS,MEMBACA Al-QUR'AN %P 121 %T HUBUNGAN KEAKTIFAN MENGIKUTI PROGRAM TADARUS DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA Al-QUR'AN PADA SISWA SLTP MUHAMMADIYAH 8 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2004/2005 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25379/ %X ISNILAILA. Hubungan Keaktifan Mengikuti program Tadarus dengan Kemampuan Membaca Al-qur'an Pada Siswa SLTP Muhammadiyah 8 Yogyakarta Tahun Ajaran 2004/2005. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2005 Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan keaktifan mengikuti program tadarus dan mengungkapkan kemampuan membaca Al-qur'an siswa SLTP muhammadiyah 8 Yogyakarta, serta menguji Hubungan Keaktifan Mengikuti Program Tadarus dengan kemampuan Membaca Al-qur'an. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk mempertahankan dan meningkatkan keaktifan dalam mengikuti program tadarus untuk memperlancar membaca al-qur'an. Penelitian ini merupakan penelitian verifikatif dengan mengambil Latar SLTP muhammadiyah 8 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis data statistik program SPS-2000. Hasil penelitian menunjukkan: (1) keaktifan siswa mengikuti program tadarus berada pada kategori sedang/ cukup yaitu: 89,71 %. (2) Kemampuan siswa dalam membaca Al-qur'an berada pada kategori sedang yaitu: 57,35 % dan (3) Ada hubungan positif yang signifikan antara keaktifan mengikuti program tadarus dengan kemampuan membaca Al-qur'an, sebesar 0,253. Sehingga semakin tinggi keaktifan mengikuti program tadarus, semakin tinggi pula kemampuan membaca Al-qur'annya. %Z Drs. A. Miftah Baidlowi, M.Pd.