%A 99434468 KUN AMINAH %O Drs. Sugiyono, M.Pd %T PENGARUH PEMAHAMAN ARGUMEN DALAM SISTEM KOORDINAT KUTUB DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN TRIGONOMETRI(Studi Pada Siswa Kelas Kelas II MAN Kebumen I Tahun Pelajaran 2003/2004) %X Skripsi ini merupakan skripsi penelitian lapangan dengan pendekatan sampel . penelitian ini meneliti pengaruh dari Pemahaman Argumen dalam sistern koordinat kutub(X1) dan minat belajar (X2)terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan trigonometri(Y). Subjek penelitiannya adalah siswa kelas II MAN Kebumen I tahun pelajaran 2003/2004. Teknik pengarnbilan sampelnya adalah dengan cluster random sampling. Dari 9 kelas diambil dua kelas sebagai sampelnya dengan undian, yang jumlahnya 89 Siswa. Berdasarkan hasil penelitian didapat koefisien determinasi Pemahaman argumen dalam sistem koordinat kutub dan minat belajar sebesar 0,565, yang berarti variasi dalam Prestasi belajar siswa pada pokok bahasan trigonometri sebesar 50,6% dapat dijelaskan oleh Pemahaman argumen dalam sistem koordinat kutub dan minat belajar melalui regresi yang telah diperoleh yaitu adalah Y = I ,567003 + 0,752765X1 + 0,648826X2. Besar sumbangan relatifnya untuk masing-masing variabel bebas yaitu untuk prediktor XI sebesar 72,9% dan untuk prediktor x2 sebesar 27 1 %.Besar sumbangan efektif untuk masing-masing variabel bebas yaitu untuk prediktor XI sebesar 41,165% dan untuk prediktor x2 sebesar 15,311 %. Dengan melihat besar koefisien determinasi diatas maka dapat dikatakan masih terdapat faktor-faktor lain yang memberikan sumbangan terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan trigonometri %K KOORDINAT KUTUB, MINAT BELAJAR, PRESTASI BELAJAR,TRIGONOMETRI %D 2003 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib25382