@phdthesis{digilib25386, month = {August}, title = {KONSEP PENDIDIKAN SEKS DALAM ISLAM IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBENTUKAN AKHLAK ANAK (Tinjauan Psikologis)}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = {00470231 LINDA LISTIANTI}, year = {2005}, note = {Dra. Siti johariyah, M.Pd}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25386/}, abstract = {Pendidikan seks dipandang sangat penting dalam proses pembentukan akhlak anak. Karena Pendidikan seks dalam Islam merupakan bagian dari pendidikan akhlak. Agar supaya pendidikan seks ini berhasil dalam membina dan membentuk akhlak anak, maka materi dan metode pendidikan seks yang akan diberikan harus disesuaikan dengan masa pertumbuhan dan perkembangan anak. Oleh karena itu, Skripsi yang berjudul KONSEP PENDIDIKAN SEKS DALAM ISLAM IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBENTUKAN AKHLAK ANAK (Tinjauan Psikologis) ini bertujuan untuk merumuskan tentang konsep pendidikan seks yang sesuai dengan prinsip-prinsip ajaran Islam serta selaras dengan pertumbuhan dan perkembangan anak, kemudian mendeskripsikan implikasinya terhadap pembentukan anak. Penelitian dalam skripsi ini bersifat literer atau penelitian kepustakaan yaitu penelitian yang mengkaji buku-buku atau literatur-literatur lainnya yang masih ada kaitannya dengan permasalahan dalam skripsi ini. Sedangkan metode yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode dokumentasi yaitu mencari data mengenai hal-hal yang berupa tulisan, buku, jurnal, surat kabar, majalah dan sebagainya. Konsep pendidikan seks dalam Islam yang akan diberikan pada anak baik itu tujuan, prinsip, materi ataupun metode harus disesuaikan dengan perkembangan psikologis anak yaitu perkembangan fisik dan perkembangan psikisnya, karena pada usia 6-12 tahun pertumbuhan dan perkembangan anak tidak sama. Anak pada awal usia sekolah memiliki perasaan yang selalu ingin tahu termasuk tentang perkembangan seks, oleh karena itu dalam menjawab segala pertanyaan anak orang tua jangan memperlihatkan sikap malu-malu atau terkejut, jelaskan pada anak dengan bahasa yang baik dan tentunya harus sesuai perkembangan intelektual mereka. Orang tua juga harus selalu berperilaku baik untuk menjadi teladan bagi anak. Dari beberapa hal yang telah diuraikan dalam skripsi ini dapat ditarik kesimpulan bahwa setiap anak memiliki perkembangan yang berbeda-beda, maka pendidikan yang akan diberikan harus disesuaikan dengan perkembangan mereka, orang tua harus menjadi teladan yang baik dengan selalu berperilaku yang baik dan sesuai dengan berbagai hal yang mereka ajarkan.} }