@phdthesis{digilib2539, month = {June}, title = {PEMANFAATAN KOLEKSI BUKU TEKS PELAJARAN PADA PERPUSTAKAAN MADRASAH ALIYAH NEGERI YOGYAKARTA III SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA KELAS XI TAHUN AJARAN 2008/2009}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = { IKA SUKMAWATI - NIM. 04141832}, year = {2009}, note = {PEMBIMBING: DRS. PURWONO, M.SI}, keywords = {Koleksi Buku Pelajaran, Perpustakaan, pemanfaatan koleksi}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2539/}, abstract = {Penelitian tentang Pemanfaatan Koleksi Buku Teks Pelajaran Pada Perpustakaan Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta III Sebagai Sumber Belajar Siswa Kelas XI Tahun Ajaran 2008/2009 bertujuan untuk mengetahui Bagaimana tingkat pemanfaatan buku teks pada perpustakaan MAN Yogyakarta III, alasan siswa menggunakan koleksi Buku Teks dan Buku Teks mata pelajaran apa yang sering digunakan siswa berdasarkan jurusanya, penelitian ini menitik beratkan pada kebutuhan, motif, minat siswa menggunakan buku teks pelajaran, selain itu kelengkapan koleksi, keterampilan pustakawan serta ketersediaan fasilitas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian populasi sehingga tidak memerlukan sampel dalam pengujian validitas dan reliabilitas instrumen yang digunakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Dokumentasi, wawancara, angket dan observasi. Analisa data yang digunakan adalah analisa deskriptif kuantitatif yang disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan prosentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan mayoritas siswa memanfaatkan buku teks pelajaran dengan baik sebanyak 54,4\%. Sedangkan alasan siswa menggunakan buku teks pelajaran dapat dilihat dari faktor internal dan faktor eksternal, dalam fakor internal terdiri dari kebutuhan, minat, dan motif. Sedangkan faktor eksternalnya kelengkapan koleksi, keterampilan pustakawan dan ketersediaan fasilitas. Dilihat dari faktor kebutuhan mayoritas siswa menyatakan kebutuhannya sedang (48,7\%), dilihat dari motifnya mayoritas siswa menyatakan motifnya sedang (38,0\%), sedangkan dari minat mayoritas siswa menyatakan minatnya tinggi (42,4\%). Faktor eksternal dilihat dari kelengkapan koleksinya mayoritas siswa menyatakan koleksinya lengkap (51,3\%), dari keterampilan pustakawan mayoritas siswa menyatakan terampil (49,4\%), sedangkan ketersediaan fasilitas penelusuran mayoritas siswa menyatakan tersedia (40,5\%). Koleksi yang sering dibaca siswa IPA adalah mata pelajaran Biologi (52,0\%) sedangkan yang sering dibaca juga mata pelajaran Biologi (48,0\%). Pada siswa IPS buku yang sering dibaca adalah Akuntansi (35,2\%), sedangkan yang sering dipinjam juga Akuntansi (43,5\%). Kesimpulan akhir penelitian ini adalah bahwa pada umumnya pemanfaatan koleksi buku teks pelajaran pada perpustakaan MAN Yogyakarta III telah dimanfaatkan dengan baik sebagai sumber belajar siswa, baik itu untuk mengerjakan tugas dari guru maupun untuk mengerjakan tugas rumah. Namun agar siswa lebih memanfaatkan buku teks maka koleksi perpustakaan perlu ditambah lagi dengan koleksi-koleksi yang baru agar siswa tidak ketinggalan informasi. } }