<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KITAB I'RAB AL-QUR'AN KARYA ABU JA'FAR AL-NAHHAS"^^ . "Dalam struktur babasa Arab suatu lafaz dapat berubah harakat huruf\r\nakhirya, karena disebabkan oleh perbedaan kedudukan atau posisinya dalam\r\nkalimat. Perbedaan 'amil yang yang masuk kepada lafaz tersebut berimplikasi\r\nkepada berubahnya harakat akhir lafaz tersebut. i'rab (pramasastra) yang\r\nterdapat dalam terminologi ilmu nahw adalah perubahan yang terjadi di akhir\r\nkata yang disebabkan oleh perbedaan amil yang masuk, baik berupa lafaz atau\r\ntaqdir. Oleb sebab itu, babasa Arab yang merupakan bahasa komunikasi yang\r\ndigunakan oleb al-Qur'an, karena perbedaan dalam meng-i'rab mengakibatkan\r\nperbedaan pemaknaan dan penafsiran. Sehingga penguasaan dan pcngetahuan\r\ntentang i'rab adalah sangat penting ketika bermaksud untuk menafsirkan teks teks\r\nayat al-Qur'an. Sehingga karena sangat urgen terbadap penafsiran al-Qur'an\r\nbanyak ulama yang mencoba untuk melakukan peng-i'raban terhadap ayat-ayat\r\nal-Qur'an dalam bentuk karya.karya yang secara parsial menulis penafsiran\r\nmelalui corak ini.\r\nAbu Ja'far Ahmad Ibn Muhammad Ibn lsmail al-Nahhas (wafat 338 H)\r\nyang hidup pada akhir abad III Hijriah dengan buah karyanya berhasil menulis\r\nsecara parsial tentang i'rab al-Qur'an yang dengan kebetulan juga kitabnya diberi\r\njudul sama dengan nama ilmu ini yaitu i'rab al-Qur'an. Sosok ulama yang berasal\r\ndari Mesir ini adalah seorang ulama yang menurut Manna' Khalil al-Qattan\r\nadalah termasuk kedalam generasi kelima dari kelompok mufassir di mana\r\ngenerasi para mufassir yang menyusun kitab-kitab tafsir yang dipenuhi oleh\r\nketerangan-keterangan yang dinukilkan dari para ulama terdahulu. Sehingga\r\nmelahirkan tafsir yang bercorak sastra sosial yang tidak menyebutkan tranmisi\r\ndan ditambah dengan sedikit pendapat dari para penulisnya.\r\nSedangkan kitab i'rab al-Qur'an sendiri merupakan sebuah kitab yang lahir\r\ndi mana perkembangan ilmu pengetahuan tentang kebebasaan sedang mengalami\r\nperkembangan yang sangat pesat. Hal ini dibuktikan dengan dibawanya karya\r\ntersebut sampai ke Sepanyol (Andalusia) oleh salah seorang murid Abu Ja'far\r\nAhmad Ibn Muhammad Ibn Ismail al-Nahhas. kemudian kitab tersebut diberi\r\nframe oleh beliau hanya berfokus pada i'rab al-Qur,an dan qira'at-qira'at yang\r\ndiperlukan ketika ia bermaksud untuk menjelaskan i'rab dan 'ilal-nya.\r\nKitab i'rab al-Qur'an memiliki urgensi yang signifikan yang unik karena\r\nobyeknya mengandung materi ilmiah yang tinggi, dan terdiri dari apa yang\r\ndinamakan dengan al-aqawil dan al-wujuh. yang dimaksud dengan al-aqawil\r\nadalah pendapat-pendapat ulama yang berasal dari tiga aliran besar dalam ilmu\r\nnahwu yaitu aliran Basrah, Kufah dan Bagdad. Sedangkan yang dimaksud dengan\r\nal-wujuh adalah adalah 'ilal- 'ilal yang dispesifikasi melalui pendapat-pendapat\r\ndari ulama tersebut pada tiap ayat-ayat al-Qur'an. Tiap wajah tersebut\r\ndibangsakan kepada aliran ataupun orang yang mengemukakan pendapat\r\ntersebut. Dalam rangka menanggapi opini yang bermacam-macam dari aliran-\r\naliran nahw tersebut, Abu Ja'far al-Nahhas bersikap kadang-kadang disalahkan\r\nseluruhnya dan di kesempatan lain beliau benarkan dengan menyertakan\r\npendapat-pendapat yang baru. Kesimpulan dari analisis yang penulis lakukan\r\ndalam menelaah kitab ini adalah bahwa kitab tersebut berbicara mengenai\r\npersoalan-persoalan i'rab atau sering disebut dengan pramasastra dan infleksi.\r\nMaka kupasannya hanya terkonsentrasi pada unit-unit tertentu saja dari ayat ayat\r\nal-Qur'an. Di dalamnya tidak disinggung persoalan-persoalan mengenai\r\naspek-aspek holistik dan sebagainya. Di samping mengeksplorasikan mengenai\r\ni'rab, dalam kitab l'rab al-Qur'an ini, Abu Ja'far al-Nahhas juga memaparkan\r\ntentang qira'at yang bersumber dari ahli Qira'at Tujuh (Qira'ah Sab'ah) yaitu,\r\ndari Syam Ibn 'Amir 'Abdullah al-Yahsibi (wafat 118 H), 'Asim Ibn Abi al Nahud\r\n(wafat 127 H) dari Kufah, Abu 'Umar Ibn al-'Ala'i (wafat 154 H) dari\r\nBasrah, Nafi' Ibn Abi Nu'aim (wafat 169 H) dari Madinah, hamzah Ibn habib\r\nal-Zayyat (wafat 188 H) dari Kufah dan al-Kisa'i 'Ali Ibn Hamzah (wafat 189 H)\r\ndari Kufah. Qira'at Sepuluh (Qira'ab 'asyrah) yaitu, tujuh qurra' yang telah\r\ndisebutkan ditambah dengan Abu Ja'far Yazid Ibn al-Qa'qa' (wafat 130 H),\r\nYa'qub Ibn Ishaq al-hadrami (wafat 205 H) dan Khalf Ibn Hisyam (wafat 229\r\nH). Dan Qira'at Empat Belas (Qira'ah 'Arba'ah 'Asyr). Para ahli Qira'at Empat\r\nBelas yaitu, sepuluh qurra' yang telah disebutkan dan ditambah dengan al-l-hasan\r\nal-Basri (wafat llO H), Ibn Mahisin Muhammad Ibn 'Abd al-Rahman (wafat 123\r\nH), Yahya Ibn Mubarak al-Yazidi (wafat 202 H) dan Abu Farj Muhammad Ibn\r\nahmad al-Syunbuzi (wafat 388 H).\r\nAdapun penelitian yang penulis lakukan ini berfokus pada tema, objek,\r\nmateri dan lahan yang terbatas. Maka penelitian ini akan diselidiki mengenai\r\npokok kandungan kitab i'rab al-Qur'an karya Abu Ja'far al-Nahhas dan\r\nmetodologi yang digunakan Abu Ja'far al-Nahhas dalam menulis kitab i'rab al Qur'an.\r\nSehingga untuk mencapai tujuan yang dimaksud di atas, maka metodologi\r\nyang digunakan adalah metode penelitian pustaka (library research) yaitu\r\npenelitian yang sumber datanya adalah buku-buku perpustakaan dan literatur literatur\r\nlainnya yang berkaitan secara langsung maupun tidak dengan objek\r\npenelitian. Metode penelitiannya deskriptif analitis dan pengolahannya\r\nmenggunakan non statistik. Teknik pcngumpulan data yang diambil dari sumber\r\nprimer, yaitu kitab i'rab al-Qur'an dan sumber sekunder adalah khazanah pustaka\r\nyang berkaitan langsung dengan maupun tidak langsung dengan objek penelitian\r\nyaitu kitab-kitab yang berkaitan dcngan Ibn al-Nahhas maupun I'rab al-Qur'an.\r\nTeknik pengumpulan data, tahapan pengolahan data ini dibagi menjadi dua\r\nbagian yaitu deskripsi dan analisis isi. Deskripsi untuk memaparkan sebuah\r\nrealitas yang ada, sedangkan analisis untuk menguraikan data secara cermat dan\r\nterarah. Dalam analisis ini penulis menggunakan corak berpikir induktif dan.\r\ndeduktif. Data-data yang ditampilkan secara khusus, selanjutnya dari kesimpulan\r\nyang khusus itu ditarik generalisasi-generalisasi yang yang mempunyai sifat\r\numum. Data yang dikumpulkan dalam rangka memperoleh gambaran mengenai\r\ntopik secara umum kemudian diambil kesimpulan yang lebih khusus dan\r\nterperinci."^^ . "2005-12-13" . . . . "UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta"^^ . . . "Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta"^^ . . . . . . . . . "NIM: 99533173"^^ . "ABDULLAH ADARI"^^ . "NIM: 99533173 ABDULLAH ADARI"^^ . . . . . . "KITAB I'RAB AL-QUR'AN KARYA ABU JA'FAR AL-NAHHAS (Text)"^^ . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "KITAB I'RAB AL-QUR'AN KARYA ABU JA'FAR AL-NAHHAS (Text)"^^ . . . "KITAB I'RAB AL-QUR'AN KARYA ABU JA'FAR AL-NAHHAS (Other)"^^ . . . . . . "KITAB I'RAB AL-QUR'AN KARYA ABU JA'FAR AL-NAHHAS (Other)"^^ . . . . . . "KITAB I'RAB AL-QUR'AN KARYA ABU JA'FAR AL-NAHHAS (Other)"^^ . . . . . . "KITAB I'RAB AL-QUR'AN KARYA ABU JA'FAR AL-NAHHAS (Other)"^^ . . . . . . "KITAB I'RAB AL-QUR'AN KARYA ABU JA'FAR AL-NAHHAS (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KITAB I'RAB AL-QUR'AN KARYA ABU JA'FAR AL-NAHHAS (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KITAB I'RAB AL-QUR'AN KARYA ABU JA'FAR AL-NAHHAS (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KITAB I'RAB AL-QUR'AN KARYA ABU JA'FAR AL-NAHHAS (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #25396 \n\nKITAB I'RAB AL-QUR'AN KARYA ABU JA'FAR AL-NAHHAS\n\n" . "text/html" . . . "Tafsir Hadist"@en . . . "Hadis" . . . "Qur'an Hadis" . . . "al Qur'an" . .