%S Bunga Rampai %A Wiji Hidayati %T MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM MADRASAH TAHUN 2008 %X Lahirnya UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang diikuti berbagai kebijakan, saat ini membawa pemikiran baru dalam pengelolaan sistem pendidikan di Indonesia yang mengarah pada otonomi pengelolaan pendidikan. Diharapkan dapat mendorong terciptanya peningkatan pelayanan pendidikan kepada masyarakat yang bermuara pada upaya peningkatan kualitas pengelolaan pendidikan pada tataran paling bawah (at the bottom) di madrasah/ sekolah sebagai satuan pendidikan dasar dan menengah. Dengan diberlakukannya kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) untuk satuan pendidikan dasar dan menengah, sebagai bukti bahwa madrasah/ sekolah diharapkan menjadi centre of excellence dari inovasi implementasi kebijakan pendidikan, tidak hanya dikaji sebagai ยท wacana dalam pengelolaan pendidikan namun sebaiknya dipertimbangkan sebagai langkah strategis ke arah peningkatan mutu pendidikan.1 Pemberdayaan madrasah dengan memberikan otonomi yang lebih luas dalam model pengembangan kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan baik di madrasah maupun sekolah2 , mampu urituk meningkatkan kinerja para pengelola madrasah, kepala madrasah, guru serta melibatkan peran serta komite madrasah sebagai peerwakilan dari masyarakat. %K Pendidikan, manajemen, pendidikan Islam %P 324-359 %B ANTOLOGI KEPENDIDIKAN ISLAM Kajian Pemikiran Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam %V Vol. 1 %C Yogyakarta %D 2010 %I Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib25424