@incollection{digilib25429, number = {Cet. 1}, month = {May}, author = {Wiji Hidayati}, series = {Prosiding}, booktitle = {Pendidikan Karakter- Spiritual Anak Sebagai Pilar Membangun Masyarakat yang Beradab}, title = {PERAN GURU DALAM IMPLEMENTASI NILAI - NILAI PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA DI LINGKUNGAN PENDIDIKAN FORMAL}, address = {Yogyakarta}, publisher = {Mandiri Graffindo Press}, year = {2012}, pages = {255--274}, keywords = {Pendidikan Budaya, karakter}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25429/}, abstract = {Pemerintah Indonesia telah mencanangkan program nasional berkenaan dengan penringnya pendidikan karakter, berupa program Kementerian Pendidikan {\texttt{\char126}}asional 2010-2014, yang dituangkan dalam Rencana Aksi \_ ;asional Pendidikan Karakter (20 1 0): Pendidikan karakter disebutkan sebagai pendidikan nilai, pendidikan budi pekerti, pendidikan moral, pendidikan . watak yang bertujuan mengembangkan kemampuan peserta didik untuk memberikan keputusan baik-buruk, memelihara apa yang baik \& mewujudkan kebaikan itu dalam kehidupan sehari-hari. 1 Adapun implementasi pendidikan budaya dan karakter bangsa dapat berlangsung di tiga 1ingkungan pendidikan meliputi pendidikan informal, formal dan non formal. Untuk implementasi nilai-nilai budaya dan karakter bangsa di pendidikan formal yakni di sekolah, adalah merupakan usaha bersama sekolah yang dilakukan bersama oleh pimpinan sekolah, staf , \$erta semua guru melalui semua mata pelajarannya2 , nilai-nilai budaya dan karakter bangsa oleh kementerian pendidikan nasional ditetapkan ada 18 nilai, nilai-nilai itu bukan merupakan mata pelajaran tersendiri tetapi nilai-nilai tersebut terintegrasi dalam matapelajaran, ya tentu nilai-nilai akan terintegrasi pada sejumlah mata pelajaran yang ada di dalam struktur kurikulum untuk pendidikan dasar dan menengah} }