<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENDIDIKAN ANTISIPATORIS MENURUT MOCHTAR BUCHORI IMPLIKASINYA TERHADAP PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap Pemikiran Mochtar Buchori\r\ntentang Pendidikan Antisipatoris kemudian penulis kaitkan implikasinya terhadap\r\npengembangan pendidikan Islam. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan\r\npertimbangan dalam menentukan arah kebijakan clan perbaikan pendidikan\r\nkedepan, sekaligus sebagai bahan informasi bagi kajian berikutnya.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian pustaka (library research) dengan\r\npendekatan filosofis historis. Metode mengumpulkan datanya adalah dokumentasi\r\ndan wawancara. Content analysis digunakan untuk mengolah datanya. dengan\r\nbantuan pola berpikir deduktif, induktif serta komparatif\r\nHasil penelitian ini mengungkap bahwa pemikiran Mochtar Buchori\r\ntentang pendidikan antisipatoris meliputi: transformasi pendidikan menuju\r\nmillenium ketiga, tuntutan global terhadap pendidikan nasional Indonesia,\r\npendidikan tinggi untuk mencapai profesionalisme dan keberadaban serta\r\nperlunya pendidikan berwawasan sosio kultural bagi pendidikan sains dan\r\nteknologi. Gagasan tersebut dalam analisis penulis berimplikasi lcrhadap\r\npengembangan pendidikan Islam ke depan. yaitu pada aspek guru, aspek materi\r\nmetode, serta aspek kurikulum. Guru menurut konsep antisiptoris harus responsif\r\nterhadap perkembangan yang ada dalam segala bidang kehidupan, tidak hanya\r\nkonsumtif terhadap informasi yang ada tetapi bagaimana lebih produktif terhadap\r\ninformasi sehingga maksimal dalnm mengarahkan anak didiknya. la tidak pernah\r\nberhenti untuk trus belajar memperkaya pengetuhuannya. Ia disamping sebagai\r\npendidik dan pengajar juga pembimbing para siswanya. Guru juga harus\r\nprofessional. Sebab guru adalah suatu profesi. Kurikulum menurut konsep\r\npendidikan antisipatoris harus responsif terhadap perkembangan IPTEK dengan\r\nmemahami situasi lingkungan tempat pendidikan berlangsung sehingga tidak\r\nsampai kehilangan potensi daerah yang mustinya dikembangkan serta tidak\r\nmengabaikan aturan pusat agar saling mendukung dan melengkapi. Perbaikan dan\r\npengembangan kurikulum pendidikan Islam harus mempertimbangkan landasan\r\nsosio kultur, perkembangan lPTEK, psikologis dan filosofis. Seiring dengan\r\nperkembangan yang ada. Materi dan metode merupakan cakupan isi kurikulum.\r\nMateri menurut konsep pendidikan antisipatoris harus mampu merespons\r\nterhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bukan hanya\r\nmengajarkan dogma-dogma yang harus dijejalkan pada siswa, akan tetapi materi\r\nditekankan agar merangsang siswa agar lebih berpikir kritis dalam mensikapi\r\nfenomena yang terjadi, terampil dan bijak dalam menyelesaikan masalah dan\r\nmengambil keputusan. Di era global materi seharusnya lcbih membicarakan sains\r\ndan teknologi, juga membicarakan masalah-masalah yang berkaitan dengan\r\nbangsa dan negara. Metode dalan1 pendidikan antisipatoris bukan hanya dipahami\r\nsebagai alat untuk penyampai materi, seperti ceramah, tanya jawab, dan lainnya.\r\nAkan tetapi juga dipandang sebagai upaya komprehensif dari semua elemen\r\npendidikan seperti orang tua, sekolah, aparat pemerintah juga kaum agamawan\r\nagar bekerjasama dalam mensosialisasi program juga sebagai kontrol sosial."^^ . "2005-12-12" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM.00410532"^^ . "UMI SALAMAH"^^ . "NIM.00410532 UMI SALAMAH"^^ . . . . . . "PENDIDIKAN ANTISIPATORIS MENURUT MOCHTAR BUCHORI IMPLIKASINYA TERHADAP PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM (Text)"^^ . . . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENDIDIKAN ANTISIPATORIS MENURUT MOCHTAR BUCHORI IMPLIKASINYA TERHADAP PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM (Text)"^^ . . . . . "PENDIDIKAN ANTISIPATORIS MENURUT MOCHTAR BUCHORI IMPLIKASINYA TERHADAP PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "PENDIDIKAN ANTISIPATORIS MENURUT MOCHTAR BUCHORI IMPLIKASINYA TERHADAP PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "PENDIDIKAN ANTISIPATORIS MENURUT MOCHTAR BUCHORI IMPLIKASINYA TERHADAP PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "PENDIDIKAN ANTISIPATORIS MENURUT MOCHTAR BUCHORI IMPLIKASINYA TERHADAP PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "PENDIDIKAN ANTISIPATORIS MENURUT MOCHTAR BUCHORI IMPLIKASINYA TERHADAP PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENDIDIKAN ANTISIPATORIS MENURUT MOCHTAR BUCHORI IMPLIKASINYA TERHADAP PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENDIDIKAN ANTISIPATORIS MENURUT MOCHTAR BUCHORI IMPLIKASINYA TERHADAP PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENDIDIKAN ANTISIPATORIS MENURUT MOCHTAR BUCHORI IMPLIKASINYA TERHADAP PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #25456 \n\nPENDIDIKAN ANTISIPATORIS MENURUT MOCHTAR BUCHORI IMPLIKASINYA TERHADAP PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .