<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "STRUKTUR DAN METODE ILMU KALAM AL-GHAZALI\r\nDALAM KITAB AL-IQTISAD FI AL-I'TIQAD"^^ . "Al-Ghazali adalah seorang pemikir Islam yang mempunyai banyak predikat.\r\nDalam dunia Islam ia dikenal sebagai seorang ahli fiqh, sufi, bahkan diakui pula\r\nsebagai seorang filosof Islam. Keseluruhan predikat yang disandangnya ini kalau\r\nkita telusuri, sebenarnya lahir dari hasil pengembaraan intelektualnya yang ia\r\nlakukan dalam jangka waktu yang sangat panjang. Meskipun demikian, dari\r\nkeseluruhan tata berpikir al-Ghazali yang begitu beragam, terdapat semacam\r\nbenang merah yang menyatukan dan mengkaitkan antara yang satu dengan\r\nlainnya. Benang merah tersebut tidak lain adalah penempatan agama sebagai\r\nlandasan utama dalam struktur pemikirannya, sehingga sifat maupun corak\r\npemikirannya mewujud dalam bentuk pembelaan terhadap kebenaran agama,\r\nterutama dalam konteks ortodoks Islam. Oleh karena itu pendekatan teologis\r\nsangat menonjol dalam pemikiran al-Ghazali.\r\nDalam konteks teologis misalnya, nampak al-ghazali tidak sependapat dengan\r\nungkapan seorang sufi yang mengatakan Ana al-Haq atau Ana Allah. Ia juga tidak\r\nsetuju dengan aliran pemikiran yang hanya bertumpu diatas lahiriyah teks yang\r\ncenderung melahirkan interpretasi-interpretasi kaku dan salah terhadap ajaran-ajaran\r\nIslam.\r\nDalam kitabnya Faishal al-Tafriqat Bayn al-islam wa ai-Zindiqah, al-Ghazali\r\nberkata kepada murid-muridnya. sampaikanlah kepada teman-temanmu serta\r\nmintalah kepada mereka defenisi tentang \"kafir\". Bila temanmu itu mengatakan\r\nbahwa kafir itu karena menentang mazhab Mu'tazilah atau berbeda pendapat\r\ndengan mazhab Hambali atau lainnya, maka ketahuilah bahwa teman-temanmu itu\r\nbenar-benar tolol. Dia telah diikat oleh taklid dan dia lebih buta daripada orang\r\nbuta ... ' Dari menyiratkan bahwa disaat al-Ghazali di dalam menyerang filosof dan\r\nfilsafatnya, demikian pula terhadap persoalan-persoalan Islam lain adalah sebagai\r\nseorang Muslim.\r\nSebagai catatan akhir harus diakui bahwa setiap bidang pekerjaan ada ahlinya\r\nsendiri-sendiri. Beberapa serangan yang dilontarkan kepada \"musuh-musuh\" al-Ghazali\r\nkepadanya harus disikapi secara bijaksana, sehingga akan bemuara pada\r\nsebuah keyakinan bahwa \"perbedaan pendapat adalah rahmat\".\r\nAl-Ghazali telah mengisi dunia dan menyibukkan manusia berkaitan dengan idei-denya,\r\nbaik di saat hidupnya maupun setelah wafatnya. Banyak dari generasi\r\ndahulu berbeda juga pendapat mengenai dirinya, sebagaimana generasi kita\r\ndewasa ini.\r\nDi antara pengagumnya banyak orang yang keterlaluan di dalam memujinya. Kita\r\ndapati generasi sebelum kita yang sangat mengagungkan karya-karyanya, hampir\r\nmereka mengatakan bahwa kitab lhya 'Uium al-Din hampir sederajat dengan al-Qur'an.\r\nSementara dari kalangan yang membencinya, tidak sedikit yang\r\nberlebihan dalam menuduh dan memberikan kritikan kepadanya. Kami\r\n(penyusun) dapati diantara mereka mengatakan bahwa al-Ghazali menghidupkan\r\nagamanya sendiri, bukan menghidupkan agamanya kaum Muslimin.\r\nNamun demikian ada juga kelompok yang bersikap moderat. Mereka meletakkan\r\nal-Ghazali pada posisi yang proporsional, memuji sepantasnya, juga memberikan\r\nkritik kepada kekeliruan yang ada, sebab yang ma'sum (yang terjaga dari\r\nkesalahan) hanyalah orang-orang yang dipelihara oleh Allah swt.\r\nAdanya sikap pro dan kontra terhadap pribadi al-Ghazali bukan hal yang aneh\r\nlagi. Bahkan, terdapat kelompok orang yang ingin mendekatkan kepada Allah\r\nmereka membakar kitab-kitabnya.\r\nDalam kitabnya al-Ghazali memang pemah menentang berbagai kelompok,\r\nsehingga kelompok-kelompok itupun menentang dan memusuhinya. Al-Ghazali\r\nmenyerang para filosof, menghancurkan Bathiniyah, mengecam Hasyawiyyah,\r\nmencela orang-orang yang taklid buta, mengkritik Mutakalillimun, memberikan\r\nperingatan kepada fuqaha, dan mengecam ulama yang mencari dunia dengan\r\nmenjual agama yang oleh al-Ghazali mereka disebut \"lama dunia \". Di samping\r\nitu al-Ghazali juga menegur ulama Dzahiriyah yang hanya terpaku pada teks-teks\r\n·· lahir (eksplisit), jauh dari substansinya dan menghantam fenomena-fenomena\r\nkeagamaan yang sesat dikalangan masyarakat luas.\r\nDengan tidak menutup mata, sebagai manusia biasa, yang tidak ma'sum al-Ghazali\r\nmemiliki kelemahan-kelemahan yang kemudian menjadi bahan saran\r\nkritikan oleh orang-orang yang menantangnya. Barangkali persolan yang banyak\r\ndiangkat sebagai bahan kritikan mereka adalah meyangkut masalah hadis, pasrah\r\nkepada metode-metode dan pemikiran-pemikiran tasawwuf, tanpa melihat sisi\r\nhukum fiqh dan ushul fiqhnya.\r\nAdapun perbedaan-perbedaan yang terjadi di dalam melihat al-Ghazali dan\r\npengaruhnya di kalangan umat Islam, baik yang posistif ataupun negatif. tetap\r\nperlu diketahui bahwa sejarah telah mencatat dan mengakui bahwa al-Ghazali\r\nadalah seorang reformer pada abad kelima Hijriyah, sebagai \"Hujjatull islam\" dan\r\nmenghidupkan agama.\r\nAdapaun pemikir-pemikir modern, sekalipun berbeda penilaiannya terhadap al-Ghazali,\r\nnamun mereka tetap mengakui bahwa dia adalah pemikir besar dalam\r\nIslam yang berskala dunia dan sebagai pembahas (peneliti) yang agung di dalam\r\nmencari kebenaran.\r\nSemoga Allah selalu memberikan rahmatnya kepada Imam al-Ghazali dan\r\nmemberikan pahala kepadanya, yang telah berjuang untuk umat agama dan umat\r\nIslam."^^ . "1998-07-25" . . . . "UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta"^^ . . . "Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta"^^ . . . . . . . . . "NIM.90510673"^^ . "FATHURROZAK"^^ . "NIM.90510673 FATHURROZAK"^^ . . . . . . "STRUKTUR DAN METODE ILMU KALAM AL-GHAZALI\r\nDALAM KITAB AL-IQTISAD FI AL-I'TIQAD (Text)"^^ . . . "BAB I, VI, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "STRUKTUR DAN METODE ILMU KALAM AL-GHAZALI\r\nDALAM KITAB AL-IQTISAD FI AL-I'TIQAD (Text)"^^ . . . "STRUKTUR DAN METODE ILMU KALAM AL-GHAZALI\r\nDALAM KITAB AL-IQTISAD FI AL-I'TIQAD (Other)"^^ . . . . . . "STRUKTUR DAN METODE ILMU KALAM AL-GHAZALI\r\nDALAM KITAB AL-IQTISAD FI AL-I'TIQAD (Other)"^^ . . . . . . "STRUKTUR DAN METODE ILMU KALAM AL-GHAZALI\r\nDALAM KITAB AL-IQTISAD FI AL-I'TIQAD (Other)"^^ . . . . . . "STRUKTUR DAN METODE ILMU KALAM AL-GHAZALI\r\nDALAM KITAB AL-IQTISAD FI AL-I'TIQAD (Other)"^^ . . . . . . "STRUKTUR DAN METODE ILMU KALAM AL-GHAZALI\r\nDALAM KITAB AL-IQTISAD FI AL-I'TIQAD (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "STRUKTUR DAN METODE ILMU KALAM AL-GHAZALI\r\nDALAM KITAB AL-IQTISAD FI AL-I'TIQAD (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "STRUKTUR DAN METODE ILMU KALAM AL-GHAZALI\r\nDALAM KITAB AL-IQTISAD FI AL-I'TIQAD (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "STRUKTUR DAN METODE ILMU KALAM AL-GHAZALI\r\nDALAM KITAB AL-IQTISAD FI AL-I'TIQAD (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #25477 \n\nSTRUKTUR DAN METODE ILMU KALAM AL-GHAZALI \nDALAM KITAB AL-IQTISAD FI AL-I'TIQAD\n\n" . "text/html" . . . "Tafsir Hadist"@en . .