<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "AKAL MENURUT PANDANGAN HARUN NASUTION"^^ . "Mencermati pemikiran Harun Nasution, kelihatan bahwa salah satu pokok\r\npikirannya adalah mengenai hubungan antara akal manusia dan wahyu Allah.\r\nHarun nasution sering menyatakan bahwa salah satu penyebab kemunduran umat\r\nIslam indonesia pada umumnya adalah akibat salah paham akan konsep takdir\r\ndengan terlalu menyerah kepada takdir, oleh karena itu hubungan antara akal dan\r\nwahyu masih menjadi perdebatan dari dulu sampai sekarang. Di jaman kemajuan\r\nilmu pengetahuan dan teknologi menimbulkan banyak pertanyaan, pengetahuan\r\nmana yang lebih dapat dipercaya,pengetahuan rnelalui akal atau pengetahuan\r\nmelalui wahyu? Masalah hubungan antara wahyu dan akal ini merupakan bahan\r\nyang mashur dan paling mendalam untuk dibicarakan dalam sejarah pemikiran\r\nmanusia.\r\nDalam skripsi ini, penulis menggunakan metode deskriptif-analitis.\r\nPenulis mengambil tema akal dalam pandangan Harun Nasution. Penulis\r\nmencoba mendeskripsikan semua tentang Harun Nasution terutama\r\npandangannya tentang akal kemudian melakukan analisis terhadap akal yang\r\nditawarkan oleh Harun Nasution.\r\nDalam karya-karyanya, Harun Nasution banyak berbicara tentang\r\npenggunaan akal dan penafsiran wahyu. Bagi Harun Nasution antara akal dan\r\nwahyu tidak ada pertentangan , bahkan sebaliknya iman justru akan dalam\r\napabila akal dipergunakan sepenuhnya. Karena Islam sangat menghargai akal.\r\nDalam skripsi ini penulis mencoba merumuskan, bagaimanakah pandangan\r\nHarun Nasution tentang akal dan bagaimanakah peranan akal dalam Islam? la\r\njuga mengungkapkan sebuah harapan dan keyakinan yang kiranya tidak hanya\r\nberlaku bagi agama Islam saja, yaitu bahwa sebuah agama akan menemukan\r\nkembali vitalitas dan kemampuannya uantuk menghadapi tantangan-tantangan\r\njamanya apabila agama itu memberikan tempat terhormat bagi pikiran.\r\nMenurut Harun Nasution yang dipertentangkan dalam ajaran Islam\r\nsebenarnya bukanlah akal dan wahyu. Jadi yang menjadi petentangan yang\r\nsebenarnya adalah pendapat ulama tertentu dengan pendapat ulama lain tentang\r\npenafsiran wahyu, dengan kata lain ijtihad ulama yang satu dengan yang lain.\r\nDalam ajaran Islam akal memiliki kedudukan yang tinggi dan banyak dipakai,\r\nbukan hanya dalam perkembangan ilmu pengetahuan saja, tapi juga dalam\r\nperkembangan ajaran-ajaran keagamaan sendiri. Pemakaian akal juga dianjurkan\r\nbahkan diperintahkan oleh al-Qur'an dan Hadits. Dalam pemikiran Islam, baik di\r\nbidang filsafat dan ilmu kalam, apalagi dalam bidang ilmu fiqh, akal tidak\r\npernah membatalkan wahyu. Teks wahyu tetap dianggap mutlak benar. Akal\r\ndipakai hanya untuk memahami teks wahyu dan tidak untuk menentang wahyu."^^ . "2005-08-04" . . . . "UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta"^^ . . . "Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta"^^ . . . . . . . . . "NIM.99512903"^^ . "FATWA ALI AZHAR"^^ . "NIM.99512903 FATWA ALI AZHAR"^^ . . . . . . "AKAL MENURUT PANDANGAN HARUN NASUTION (Text)"^^ . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "AKAL MENURUT PANDANGAN HARUN NASUTION (Text)"^^ . . . "AKAL MENURUT PANDANGAN HARUN NASUTION (Other)"^^ . . . . . . "AKAL MENURUT PANDANGAN HARUN NASUTION (Other)"^^ . . . . . . "AKAL MENURUT PANDANGAN HARUN NASUTION (Other)"^^ . . . . . . "AKAL MENURUT PANDANGAN HARUN NASUTION (Other)"^^ . . . . . . "AKAL MENURUT PANDANGAN HARUN NASUTION (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "AKAL MENURUT PANDANGAN HARUN NASUTION (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "AKAL MENURUT PANDANGAN HARUN NASUTION (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "AKAL MENURUT PANDANGAN HARUN NASUTION (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #25485 \n\nAKAL MENURUT PANDANGAN HARUN NASUTION\n\n" . "text/html" . . . "Aqidah Filsafat"@en . . . "Filsafat (Philosophy)" . .