%A EVI NURBAETI NIM: 03440392 %O Pembimbing : Siti Fatonah, M.Pd. %T HUBUNGAN ANTARA GAYA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI IPA SEMESTER II M.A. ALI MAKSUM YOGYAKARTA 2007/2008 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap adanya bermacam-macam gaya belajar siswa kelas XI IPA semester II MA Ali maksum yogyakarta, hubungan antara gaya belajar siswa dengan prestasi belajar kimia siswa serta hubungan dari masing-masing gaya belajar siswa dengan prestasi belajar kimia. Gaya belajar siswa terbagi menjadi 5 gaya belajar yaitu dependent (X1), partisipant (X2), collaborative (X3), competitive (X4), independent (X5) Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA MA Ali maksum yogyakarta, sedangkan cuplikannya adalah siswa kelas XI IPA A putra, XI IPA B putri sebanyak 38 siswa. Informasi mengenai gaya belajar siswa mengadopsi dari penelitian Is Dwiyanti dengan reliabilitas rtt = 0,846 sedangkan instrumen untuk mengetahui prestasi belajar kimia siswa dibuat sendiri oleh peneliti sebanyak 27 butir soal dengan reliabilitas rtt = 0,868. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi lima prediktor. Persamaan regresi lima prediktor yang diperoleh dalam penelitian ini adalah Y=0,233297X1+0,215420X2+0,213510X3+0,205923X4+0,283847X5+6,294799. Berdasarkan hasil analisis dapat diambil kesimpulan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar siswa dengan prestasi belajar kimia siswa, dengan harga koefisien korelasi ganda sebesar (Ry(1,2,3,4,5)) = 0,669 pada P = 0,000, karena P 0,05 maka harga (Ry(1,2,3,4,5)) signifikan. Adanya hubungan dari masing-masing gaya belajar dependent (X1) R1y-2,3,4,5 = 0,214, partisipant (X2) R2y-1,3,4,5 = 0,219, collaborative (X3) R3y-1,2,4,5 = 0,248, competitive (X4) R4y-1,2,3,5 = 0,214, independent (X5) R5y-1,2,3,4 = 0,274 terhadap prestasi belajar kimia siswa yang signifikan. Gaya belajar independent mempunyai sumbangan efektif paling besar yaitu 17,911% yang berarti gaya belajar independent dapat dijadikan sebagai acuan gaya belajar yang mempengaruhi prestasi belajar yang terbesar. Dengan kata lain, jika siswa mempunyai gaya belajar independent maka prestasi belajar kimianya akan mencapai tahap maksimal. Hasil penelitian ini diharapkan sebagai pertimbangan bagi guru bahwa berbagai faktor yang mempengaruhi prestasi belajar kimia siswa, diantaranya adalah gaya belajar siswa. %K Gaya belajar dan Prestasi belajar kimia %D 2009 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib2555