TY  - THES
N1  - Prof. Drs. Suparwoto, M.Pd.
ID  - digilib25574
UR  - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25574/
A1  - USWATUN CHASANAH, NIM.00460196
Y1  - 2006/07/29/
N2  - Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui kinerja siswa pada pembelajaran
Fisika Pokok Bahasan Besaran Satuan dan Pengukuran dalam hubungannya
dengan berbagai komponen prasyarat kelas unggulan siswa kelas VII SMP
Muhammadiyah 2 Yogyakarta.
Populasi dan sekaligus sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII
A1 Program kelas unggulan SMP Muhamrnadiyah 2 Yogyakarta Tahun Pelajaran
2005/2006,sehingga disebut penelitian populasi dengan menetapkan 31 siswa
sebagai sampel. Data dikumpulkan dengan menggunakan dokumentasi untuk
memperoleh data hasil tes IQ dan nilai raport SD, tes prestasi belajar siswa untuk
mengukur sejauh mana kemampuan siswa dalam memecahkan soal-soal materi
Besaran Satuan dan Pengukuran, angket untuk memperoleh data tentang faktor
ekstern siswa serta obsevasi di laboratorium untuk mengetahui kinerja siswa
dalam menggunakan dan menerapkan alat-alat ukur dalam besaran Fisika.
Instrumen prestasi belajar mempunyai keandalan sebesar 0,95 dan angket sebesar
0,93. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analis regresi
ganda lima prediktor.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) SPM (kemampuan berfikir abstrak,
numerik, verbal dan bahasa) berperan sebagai prediktor yang baik bagi kinerja
siswa, 2) CFIT (kemampuan berfikir logika) berperan sebagi prediktor yang baik
bagi kinerja siswa, 3) nilai raport SD berperan sebagai prediktor yang baik bagi
kinerja siswa, 4) Faktor ekstem siswa berperan sebagai prediktor yang baik bagi
kinerja siswa, 5) Tes prestasi belajar berperan sebagai prediktor yang baik bagi
kinerja siswa Dari hasil perhitungan regresi ganda lima preditor didapatkan F hit >
F tabel = 3,372 > 2,60 sehingga dapat disimpulkan bahwa : I) SPM memberikan
sumbangan yang signifikan pada kinerja siswa, 2) CFIT memberikan sumbangan
yang signifikan pada kinerja siswa, 3) Nilai raport SD memberikan sumbangan
yang signifikan pada kinerja siswa, 4) faktor eksternsiswa belajar memberikan
sumbangan yang signifikan pada kinerja siswa, dan 5) Tes prestasi memberikan
sumbangan yang signifikan pada kinerja siswa
PB  - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
KW  - KINERJA SISWA
KW  -  PEMBELAJARAN FISIKA
KW  -  BESARAN SATUAN DAN PENGUKURAN
M1  - skripsi
TI  - KINERJA SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA POKOK BAHASAN BESARAN
SATUAN DAN PENGUKURAN DALAM HUBUNGANNYA DENGAN BERRAGAI
KOMPONEN PRASYARAT PADA KELAS UNGGULAN SISWA KELAS VII SEMESTER I 
TAHUN AJARAN 2005/2006 DI SLTP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA
AV  - restricted
ER  -