%A NIM. 01340646 DANNI ABDURAHMAN %O Drs. Edi Prajitno, M.Pd., %T PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING DAN PEMECAHAN MASALAH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI KELAS VIII MTSN PRAMBANAN KLATEN TAHUN AJARAN 2005/2006 %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui pelaksanaan pembelajaran penemuan terbimbing dan pemecahan masalah di kelas VIII MTsN Prambanan Klaten tahun ajaran 2005/2006. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan subyek penelitian siswa kelas VIII A Semester I MTsN Prambanan Klaten tahun ajaran 2005/2006. Jumlah siswa kelas VIII A adalah 34 siswa. Tindakan penelitian terdiri dari 3 siklus, siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan, siklus II terdiri dari 3 kali pertemuan dan siklus Ill terdiri dari 2 kali pertemuan. Pokok bahasan yang digunankan pada penelitian ini adalah fungsi. Pada penelitian ini, data minat dieroleh melalui angket minat, wawancara, lembar observasi dan prestasi siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penlaksanaan pendekatan pembelajaran penemuan terbimbing dan pemecahan masalah dapat meningkatkan minat belajar siswa yang cukup signifikan ditunjukan dengan adanya: 1) peningkatan sikap positif siswa selama mengikuti pemebelajaran seperti siswa berani bertanya kepada guru, mengungkapkan pendapat, mengerjakan tugas tepat waktu dan mengulangi pelajaran di luar jam pelajaran, 2) penurunan sikap negatif siswa selama pembelajaran seperti: malas mempelajari materi yang bel urn dijelaskan, bela jar matematika jika hanya ada PR saja dan mencontek peker:jaan ternan, dan 3) peningkatan hasil belajar siswa selama pembelajaran yang dilihat dari nilai siswa setiap siklusnya. %K pembelajaran terbimbing, pemecahan masalah, meningkatkan minat belajar, MTsN Prambanan Klaten %D 2006 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib25576