@incollection{digilib25584, volume = {Vol. 1}, number = {Cet. 1}, month = {December}, author = {Nano Warno}, series = {Prosiding}, booktitle = {FILSAFAT ISLAM: HISTORISITAS DAN AKTUALISASI (Peran dan Kontribusi Filsafat Islam bagi Bangsa)}, title = {NALAR KRITIS IBNU SINA UNTUK PENCERAHAN KURIKULUM PENDIDIKAN BANGSA INDONESIA}, address = {Yogyakarta}, publisher = {FA Press}, year = {2014}, pages = {369--383}, keywords = {Ibnu Sina, pendidikan, Indonesia}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25584/}, abstract = {Di antara problem kebangsaan yang menuntut penyelesaian secara profesional, komprehensif, dan berkesinambungan serta penuh amanah dari pemerintah dan rakyat negeri ini adalah pendidikan. Pendidikan adalah kunci kesuksesan sebuah bangsa dalam menghadapi tantangan-tantangan multidimensional di masa kini dan di masa yang akan datang. Bangsa yang akan jaya adalah bangsa yang memiliki program yang komprehensif, cermat, akurat, tajam dan profesional serta dijalankan dengan penuh amanah oleh para pemangku dan pelaksana kebijakan dalam bidang pendidikan.1 Pengalaman sejarah kontemporer mengajarkan bahwa hanya bangsa-bangsa yang memiliki sumber daya manusia yang tangguh yang bisa menjadi penggerak negerinya menjadi makmur, sejahtera dan memiliki peradaban yang bermartabat. Untuk memiliki sumber daya yang berwawasan, tangguh, ahli, dan profesional dibutuhkan program pendidikan yang terbaik} }