%0 Book Section %A Abdullah, M. Amin %A RIYANTO, Waryani Fajar %B Proceeding Konsorsium Keilmuan Psikologi Sinergitas Keberagaman Bangsa : Perspektif Psikologi Islam %C Yogyakarta %D 2015 %F digilib:25598 %I Konsorsium Keilmuan Psikologi Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Fakultas Ilmu Sosial & Humaniora Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta %K psikologi Islam %N Cet. 1 %P xvii-xxxvii %S Prosiding %T INTEGRASI-INTERKONEKSI PSIKOLOGI (Mempertautkan Model Islamic Psychology, l slamized Psychology, dan Psychology of Islam dengan Bingkai Teoantroposentrik-Integralistik) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25598/ %V Vol. 1 %X Artikel ini mencoba mempertautkan tiga model hubungan integrasi an/ara psikologi dan Islam, yailu: Islamic Psychology, ls/amized Psychology, dan Psychology of 'Religion' Islam. Ketiga model ini juga dapat disebut dengan is Iilah model hubungan an tara 'l/mu Jiwa Islam ', 'Jlmu Jiwa Is/ami ', dan 'Ilmu Jiwa Agama' (Islam). Hubungan ketiganya sebenarnya menggambarkan tiga bentuk komposisi pengetahuan, yaitu: 'Ulumuddin, karena yang dimaksud dengan istilah Islamic Psychology atau Psikologi Islam atau llmu Jiwa Islam disini adalah Ilmu Tasawuf, yang menjadi salah satu bag ian dari Islamic Religious Knowledge (1/mu-i/mu Keagamaan Islam); Studi Islam, karena yang dimaksud dengan istilah Islamized Psychology atau Psikologi Is/ami atau llmu Jiwa Is/ami ada/ah bentuk hubungan dialektik antara Psikologi sebagai salah satu bag ian dari social sciences and humanities dan Tasawuf,ยท dan Studi Agama, karena Psychology of Islam atau Psikologi Agama (Islam) adalah bagian dari kajian Religious Studies. Untuk mempertautkan ketiga model tersebut, penulis menggunakan nalar epistemologi teoantroposentrik-integralistik Oaring laba-laba keilmuan). Satu unsur komposisi lagi yang menurut pem~lis sangat pen ling untuk menggagas integrasi-interkoneksi psikologi adalah pilar Filsafat 'Ilmu ',yang dalam hal ini kita bisa menggunakanfilsafat Integralisme Universal-nya Ken Wilber dengan "AQAL Theory"-nya.