eprintid: 2560 rev_number: 16 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/25/60 datestamp: 2012-08-15 14:23:06 lastmod: 2016-02-18 04:39:51 status_changed: 2012-05-04 16:42:52 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Uswatun Nisa NIM: 03440390, title: PENGARUH KONSENTRASI DAN USAHA SISWA DALAM MENGATASI KESULITAN MEMPELAJARI KIMIA DENGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SEMESTER 2 SMA N I SRANDAKAN TAHUN AJARAN 2007/2008 ispublished: pub subjects: KC divisions: jur_pekim full_text_status: restricted keywords: konsentrasi, usaha siswa dalam mengatasi kesulitan mempelajari kimia, prestasi belajar kimia note: Pembimbing : Das Sarilawati, M.Si. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsentrasi dan usaha siswa dalam mengatasi kesulitan mempelajari kimia dengan prestasi belajar kimia siswa baik sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X semester 2 SMA N I Srandakan sebanyak 102 siswa, sampel dalam penelitian ini diambil secara acak sebanyak 2 kelas dari 3 kelas yang ada dengan jumlah 70 siswa. Sebagai kelas uji coba validasi dan reliabilitas instrumen adalah kelas X-3 dengan jumlah 32 siswa. Instrumen dalam penelitian ini yaitu angket konsentrasi, angket usaha siswa dalam mengatasi kesulitan mempelajari kimia dan soal prestasi belajar kimia siswa yang ketiganya divalidasi empiris dengan hasil reliabilitas angket konsentrasi sebesar 0,865, reliabilitas angket usaha siswa dalam mengatasi kesulitan mempelajari kimia sebesar 0,889, dan reliabilitas soal prestasi belajar kimia sebesar 0,913. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis regresi dua prediktor. Persamaan regresi yang diperoleh adalah Y = 0,909988 X1 + 1,107553 X2 + 2,813548 dengan koefisien korelasi ganda sebesar 0,886 dan koefisien korelasi determinasi inasi sebesar 0,785. Koefisien korelasi parsial y1−2 r sebesar 0,683 dan y2−1 r sebesar 0,564, dengan rtabel = 0,235. Sumbangan efektif dan relatif konsentrasi (X1) dan usaha siswa dalam mengatasi kesulitan mempelajari kimia (X2) terhadap prestasi belajar kimia berturut-turut 10,009 dan 12,745; 68,521 dan 87,225. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan bermakna antara konsentrasi dan usaha siswa dalam mengatasi kesulitan mempelajari kimia dengan prestasi belajar kimia siswa baik sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama. date: 2009-06-10 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: /S1 - Skripsi/Fakultas Saintek/ thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2009-06-10 12:18:50 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--uswatunnis-2261-1-uswatun-a.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/46/digilib-uinsuka--uswatunnis-2261-1-uswatun-a.pdf ; url download server lama : /download.php?id=2647 ; nama file lama : USWATUN NISA 03440390 PENGARUH KONSENTRASI DAN USAHA SISWA DALAM MENGATASI KESULITAN MEMPELAJARI KIMIA DENGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SEM ; format file : application/pdf ; besar file : 1445918 Kb. penulis : ; Copyright 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: Uswatun Nisa NIM: 03440390, (2009) PENGARUH KONSENTRASI DAN USAHA SISWA DALAM MENGATASI KESULITAN MEMPELAJARI KIMIA DENGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SEMESTER 2 SMA N I SRANDAKAN TAHUN AJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2560/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2560/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf