eprintid: 25635 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/02/56/35 datestamp: 2017-06-22 02:46:35 lastmod: 2017-06-22 02:46:35 status_changed: 2017-06-22 02:46:35 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ABD AZIZ, NIM. 98454035 title: KESIAPAN GURU DAN SISWA TERHADAP PEMBERLAKUAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI MATA PELAJARAN KIMIA ( STUDI KASUS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI YOGYAKARTA III) ispublished: pub subjects: pen_kim divisions: jur_tad full_text_status: restricted keywords: kompetensi pribadi, kompetensi professional, Kompetensi sosia! dan kompetensi antisipatif note: Hanaswasti. M.Pd. abstract: Skripsi ini disusun berdasarkan penelitian yang dilaksanakan di Madrasah Aiiyah Negeri Yogyakarta III. Tujuan peneliLian ini untuk (]) mengetahui T'ngkal kesiapan guru mata pelajaran kimia. maksudnya adalah ingkat kesiapan guru mata pelajaran kimia untuk menerapkan konsep kurikulum berbasis kompetensi kimia ditinjau dari aspek kompetensi pribadi, kompetensi professional, Kompetensi sosia! dan kompetensi antisipatif terhadap perubahan zaman serta tingkat pengetahuan terhadap KBK, dan (2) lingkat kesiapan siswa, maksudnya adalah tingkat kesiapan siswa dalam mempersiapkan diri dan menjalani proses belajar mengajar khususnya bidang studi kimia dengan melihat aspek psikologis melalui penguasaan materi, minat dan motivasi belajar kimia, Populasi penelitian ini adalah guru kimia dan siswa kelas I MAN Yogyakarta III dengan jumlah siswa 174 . Sebagai sampel diambil dua kclas dari enam kelas yaitu kelas IA 28 siswa dan kelas ID 30 siswa. Data dikumpulkan dengan angket minat dan motivasi belajar kimia dan lest prestasi belajar kimia. Sedangkan untuk guru menggunakan angket kompetensi..Selanjutnya data yang diperoleh ditabulasikan ke dalam kolom kesiapan guru dan siswa sesuai dengan skor yang didapat ke dalani rentangan prosentase tingkat kesiapannya. Berdasarkan hasil analisis di dapatkan tingkat kesiapan guru adalah 67,5 %adalah siap, Sedangkan tingkat kesiapan siswa dilihat dari data minat dan motivasi belajamya rata-rata 72,5% adalah siap dan di lihal dari prestasi belajamya adalah rata-tata 52,5% adalah kurang siap. Berdasarkan uraian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa (ingkat kesiapan guru adalah siap. Sedangkan tingkat kesiapan siswa dilihat dari minat dan motivasi belajar adalah siap, sedangkan dari prestasi belajar kimianya adalah kurang siap. Bertolak dari korelasi antara minat dan motivasi belajar dengan prestasi belajar kimia didapatkan tidak ada hubungan yang signifikan kecuali untuk satu kelas saja. Maka perlu digali dan di kembangkan faktor lain yang dapat meningkatkan prestasi belajar kimia. date: 2004-02-28 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: ABD AZIZ, NIM. 98454035 (2004) KESIAPAN GURU DAN SISWA TERHADAP PEMBERLAKUAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI MATA PELAJARAN KIMIA ( STUDI KASUS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI YOGYAKARTA III). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25635/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25635/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf