@phdthesis{digilib25652, month = {August}, title = {KONSEP SYUKUR AL-GHAZALI DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 01410662 AHMAD FUAD HASYIM HS}, year = {2005}, note = {Prof. Drs. HMS. Prodjodikoro}, keywords = {Al-Ghazali}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25652/}, abstract = {AHMAD FUAD HASYIM HS. Konsep Syukur Menurut Al-Ghazali dan Relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2005. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis secara kritis tentang konsep syukur menurut Al-Ghazali dalam kitab Ihya?Ulum al-Din dan relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan kontribusi pemikiran dalam dunia Pendidikan Agama Islam. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan studi kepustakaan (library research) dengan menggunakan dua sumber data yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Analisis dilakukan dengan menggunakan metode content analysis yaitu merupakan analisis ilmiah untuk mengetahui tentang isi pesan suatu karya ilmiah yang berupa teks. Dalam hal ini sebagai bahan analisis utama adalah kitab Ihya? Ulum al-Din karya Al-Ghazali. Hasil penelitian menunjukkan: (1. Konsep syukur menurut Al-Ghazali mempunyai relevansi dengan Pendidikan Agama Islam dalam hal adanya keinginan untuk mewujudkan manusia yang beriman dan bertaqwa. (2. Konsep syukur menurut Al-Ghazali mendidik manusia untuk menjadi manusia yang berakhlak. Baik berakhlak kepada Allah, berakhlak terhadap sesama manusia dan berakhlak kepada alam. (3. Dalam konsep syukur menunjukkan adanya suatu penumbuh kreativitas bagi manusia yaitu berupa motivasi dan adanya dorongan agama yang bersifat eskatologis.} }