@phdthesis{digilib25666, month = {June}, title = {HUBUNGAN ANTARA HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN PERILAKU SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH I YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 00410243 DEWI OCTAMINA}, year = {2005}, note = {Drs. Ichsan. M.Pd.}, keywords = {SMP Muhammadiyah I Yogyakarta}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25666/}, abstract = {DEWI OCTAMINA. Hubungan Antara Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Dengan Perilaku Siswa SMP Muhammadiyah Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2005. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara hasil belajar pendidikan agama Islam dengan perilaku siswa SMP Muhammadiyah I Yogyakarta. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas II dan kelas III SMP Muhammadiyah I Yogyakarta tahun pelajaran 2004/2005 sebanyak 456 siswa dan dari populasi tersebut diambil sampel secara acak (random sampling ) sebanyak 114 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas menunjukkan dari 35 butir angket terdapat 30 butir angket terbukti valid, sedang hasil analisis reliabilitas menunjukkan koefisien reliabilitas sebesar 0,968 dan dinyatakan reliabel. Analisis data meliputi analisis normalitas, analisis linieritas, dan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Hasil belajar pendidikan agama Islam siswa kelas II dan III SMP Muhammadiyah I Yogyakarta berada pada kategori baik. 2) Dan perilaku siswa juga berada pada kategori positif. 3) Ada hubungan positif yang signifikan antara hasil belajar pendidikan agama Islam dengan perilaku siswa SMP Muhammadiyah I Yogyakarta dengan derajat hubungannya diabaikan atau tidak bermakna. Hal ini berarti masih ada faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar pendidikan agama Islam.} }