@phdthesis{digilib25689, month = {August}, title = {PENDIDIKAN BUDI PEKERTI DALAM SERAT WEDHATAMA ( STUDI ANALISIS PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM )}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 98413863 EMMAN SUHERMAN}, year = {2003}, note = {Drs. Maragustam Siregar, M.A}, keywords = {SERAT WEDHATAMA}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25689/}, abstract = {Dari berbagai penjelasan yang telah diuraikan dalam bab demi bab, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: I. lsi ajaran yang terkandung dalum Serat Wedhatama masih relevan untuk diterapkan paaa masa sekarang. Hal ini dikarenakan isi ajarannya berpola motif religius dan banyak berisi ajaran falsafat hidup, nasihat-nasihat, serta nilai-nilai pendidikcm budi pekerti yang luhur, sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. 2. Pendiidkan budi pekerti yang terdapat dalam Serat Wedhatama adalah bercorak tasawuf dan tidak terdapat perbedaan maupun . pertentangan dengan konsep budi pekerti yang terdapat dalam suluk dan litertur Jawa laitlllya. Ptinsip-prinsip budi pekerti dalam suluk dan literatur Jawa (Islam) itu da!am serat Wedhatama lebih diperjelas dengan tuntunan hidup praktis sehari-hari. Kemudian mengkontraskan secara tajam antara budi pekerti yang baik dengan budi pekerti yang jabal, antara yang terpuji dan yang ten;ela. 3. Pendidikan budi pekerti yang dikonsepkan dan diajarkan oleh KGP AA Mangkunegaran IV dala.m Serat Wedhatama sejalan atau setidak-tidaknya tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip pendidikan aklllak dalam Islam.} }