%0 Thesis %9 Skripsi %A EMMAN SUHERMAN, NIM. 98413863 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2003 %F digilib:25689 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K SERAT WEDHATAMA %T PENDIDIKAN BUDI PEKERTI DALAM SERAT WEDHATAMA ( STUDI ANALISIS PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25689/ %X Dari berbagai penjelasan yang telah diuraikan dalam bab demi bab, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: I. lsi ajaran yang terkandung dalum Serat Wedhatama masih relevan untuk diterapkan paaa masa sekarang. Hal ini dikarenakan isi ajarannya berpola motif religius dan banyak berisi ajaran falsafat hidup, nasihat-nasihat, serta nilai-nilai pendidikcm budi pekerti yang luhur, sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. 2. Pendiidkan budi pekerti yang terdapat dalam Serat Wedhatama adalah bercorak tasawuf dan tidak terdapat perbedaan maupun . pertentangan dengan konsep budi pekerti yang terdapat dalam suluk dan litertur Jawa laitlllya. Ptinsip-prinsip budi pekerti dalam suluk dan literatur Jawa (Islam) itu da!am serat Wedhatama lebih diperjelas dengan tuntunan hidup praktis sehari-hari. Kemudian mengkontraskan secara tajam antara budi pekerti yang baik dengan budi pekerti yang jabal, antara yang terpuji dan yang ten;ela. 3. Pendidikan budi pekerti yang dikonsepkan dan diajarkan oleh KGP AA Mangkunegaran IV dala.m Serat Wedhatama sejalan atau setidak-tidaknya tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip pendidikan aklllak dalam Islam. %Z Drs. Maragustam Siregar, M.A