%A NIM. 01420736 NUR HUDA %O Drs. Dudung Hamdun. M.Si %T TEORI BELAJAR HERBART DAN IMPLIKASINYA DALAM PENGAJARAN GRAMATIKA (QAWAID) BAHASA ARAB %X NUR HUDA. Teori Belajar Herbart dan Implikasinya dalam Pengajaran Gramatika ( Qawaid ) Bahasa Arab. Skripsi. Yogayakarta : Fakutas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2006. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis konsep tentang teori belajar Herbart yang disebut juga dengan teori apersepsi, serta implikasi teori belajar tersebut dalam pengajaran gramatika (qawaid) Bahasa Arab. Penelitian yang sedang penulis keijakan merupakan sebuah penelitian kualitatif dan merupakan sebuah penelitian pustaka (Library Research), yang dalam hal ini mengkaji tentang sebuah teori belajar yang dirumuskan seorang tokoh bemama Johann Frederich Herbart, oleh karena itu dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik dokumentasi yaitu dengan mengambil data dari bahan bahan tertulis seperti buku, majalah, artikel serta sumber sumber lainnya yang terkait dengan penelitian ini. Adapun dalam menganalisa data data tersebut penulis menggunakan metode analisa isi (content analisys) yang disajikan secara kualitatif dengan menggunakan cara berfikir deduktif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan : 1). Teori belajar Herbart yang disebut juga dengan teori apersepsi, merupakan sebuah teori belajar yang berpusat pada tanggapan atau ide, dengan kata lain apersepsi adalah sebuah proses penghubungan antara tanggapan yang satu dengan tanggapan yang lainnya Hi mana ide atau tanggapan itu sendiri tidak lain merupakan pengetahuan yang dimiliki oleh seseorang. 2) Implementasi teori belajar Herbart membawa implikasi baik terhadap peserta didik, pengajar maupun materi dan cara peyampaian pelajaran, dimana implikasi tersebut mencakup perihal interaksi belajar mengajar, proses belajar siswa, transfer belajar, pendekatan dan teknik pengajaran gramatika. %K Pengajaran Gramatika ( Qawaid ) Bahasa Arab %D 2006 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib25702