eprintid: 25702 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/02/57/02 datestamp: 2017-07-04 00:41:38 lastmod: 2017-07-04 00:41:38 status_changed: 2017-07-04 00:41:38 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NUR HUDA, NIM. 01420736 title: TEORI BELAJAR HERBART DAN IMPLIKASINYA DALAM PENGAJARAN GRAMATIKA (QAWAID) BAHASA ARAB ispublished: pub subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Pengajaran Gramatika ( Qawaid ) Bahasa Arab note: Drs. Dudung Hamdun. M.Si abstract: NUR HUDA. Teori Belajar Herbart dan Implikasinya dalam Pengajaran Gramatika ( Qawaid ) Bahasa Arab. Skripsi. Yogayakarta : Fakutas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2006. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis konsep tentang teori belajar Herbart yang disebut juga dengan teori apersepsi, serta implikasi teori belajar tersebut dalam pengajaran gramatika (qawaid) Bahasa Arab. Penelitian yang sedang penulis keijakan merupakan sebuah penelitian kualitatif dan merupakan sebuah penelitian pustaka (Library Research), yang dalam hal ini mengkaji tentang sebuah teori belajar yang dirumuskan seorang tokoh bemama Johann Frederich Herbart, oleh karena itu dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik dokumentasi yaitu dengan mengambil data dari bahan bahan tertulis seperti buku, majalah, artikel serta sumber sumber lainnya yang terkait dengan penelitian ini. Adapun dalam menganalisa data data tersebut penulis menggunakan metode analisa isi (content analisys) yang disajikan secara kualitatif dengan menggunakan cara berfikir deduktif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan : 1). Teori belajar Herbart yang disebut juga dengan teori apersepsi, merupakan sebuah teori belajar yang berpusat pada tanggapan atau ide, dengan kata lain apersepsi adalah sebuah proses penghubungan antara tanggapan yang satu dengan tanggapan yang lainnya Hi mana ide atau tanggapan itu sendiri tidak lain merupakan pengetahuan yang dimiliki oleh seseorang. 2) Implementasi teori belajar Herbart membawa implikasi baik terhadap peserta didik, pengajar maupun materi dan cara peyampaian pelajaran, dimana implikasi tersebut mencakup perihal interaksi belajar mengajar, proses belajar siswa, transfer belajar, pendekatan dan teknik pengajaran gramatika. date: 2006-08-04 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: NUR HUDA, NIM. 01420736 (2006) TEORI BELAJAR HERBART DAN IMPLIKASINYA DALAM PENGAJARAN GRAMATIKA (QAWAID) BAHASA ARAB. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25702/2/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25702/1/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf