@phdthesis{digilib25778, month = {December}, title = {RELASIISLAM DAN NEGARA: STUDI ATAS PEMIKIRAN MUI:FAMMAD SYAI:FRUR}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 98373348 ARIFI\{1}, year = {2005}, note = {1. DR. PHIL. H. M. NUR KHOLIS SETIAWAN, M.A. 2. AGUS MUHAMMAD NAJIB, S.Ag., M.Ag.}, keywords = {Relasi Islam}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25778/}, abstract = {Sejak pcrjumpaan kaum Muslimin dengan Barat di era modem, rela Islam dan ncgara. menjadi topik perdehatan yang semakin menemukan tit aktualitasnya. Sccara tipologis. rcspon awal terhadap diskursus ini, tel membelah tunat Islam kc dalam berbagai aliran pemikiran . Namun, kare wataknya yang a-histotis dan bias modemitas, aliran-aliran pemikiran terseb menuai kritiknya. Dalam konteks seperti inilah, penulis merasa tertarik un menghadirkan pemikiran Syal)rur tentang relasi Islam dan negara. Dalarn skripsi ini. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitia pustaka (lihrary research) dcng:an pendekatan normat!f-historis Pendekata normatif mengasumsikan balm:a diskursus tcntang relasi agama dan negara dala Islam merupakan bagian dati llqh siyiiah sebagai disiplin keilmuan yang seca sistematis membahas tema-tema politik-kenegaraan dalam perspektif Islam, ya secara nonnatif berwatak intcrpretatif dan secara histotis tak pemah menunjuka wama tunggal.Sementara pendekatan histotis digunakan untuk menghampi pemikiran sang tokoh yang tidak dapat dapat disterilkan dari hackground yan digumulinya. Dalarn hal ini. pemikiran Sya rl"rr ditcmpatkan dalarn dua kcrangk sekaligus, yait u kcrangka kcoangkitan pcrnikiran Arab-Islam konternporer pasc . ix day ? war dan setting n.:Iasi Islam dan ncgara di Syiria. Penelitian atas pernikiran Sya rl"rr mt, diotientasikan untu mengetahui dan meng.anal isis pcmikiran Syal)rlir tentang relasi I slam dan negar beserta konsistcnsinya dcngan pcncrapan syar'at Islam scbagai aspek le al form dari dnktrin Islam yan dinilai pal in problcrnltis dlllrn kontcks ncgam-hangs (nation-state): otemisitas atau orisinilitas pemikiran; serta kontribusi teoretik yan sanggup disurnbang:kannva dalarn wacana terkait. Di bagian akhir sktipsi ini. penulis telah menarik beberapa kesimpula sebagai berikut: ada 3 model rclasi Islam dan negara dalam pemikiran Syahm yaitu : relasi ibadah den!,!an ncgara, relasi Islam sebagai masal ulya insaniyya dengan ncgara dan hubun!,!an lcgislasi dcngan ncgara. Melalui Teori Limit yan digagasnya, Sy rur bcrhasil mcnunjukan tentang konsistensi antara model rela Islam dan negara yang digagasnya dengan penerapan syati'at atau legislas Melalui paradigrna dan metodologi pemikiran yang dibangunnya, Sya riir tela melakukan kritik atas berbagai aliran pemikiran yang ada sebelurnnya. Melal pengkajian atas problem 111ras dan modemitas, dapat disimpulkan bahwa Syatri adalnh st.?orang pcmikir otcmik Otcntisitas ..pcmikirannya tcrlctak pada kriti sekalgus tawaran konscp-konsep politik-kenegaraan yang secara konsiste merupakan derivasi dati {\pounds}!ira 'iih mu'ii.. ?irah yang telah digagasnya. Kontibusi teoretik Sya rur, terlihat pada asumsi-asumsi politiknya kenegarannya yang lebih mendasarkan diti pada "pembacaan kedua" atas a Qur'an serta kemampuannya, melalui Teori Limit, dalarn memformulasikan relas Islam. negara dan syari ?ah secara inklu if dan konsisten sehingga memungkinka pemberlakuan syari'ah Islam mcnjadi scsuatu yang "tidak problematis" dala konteks pluraliras negara-bangsa. X} }