@phdthesis{digilib25842, month = {November}, title = {PEMIKIRAN JOHN DEWEY TENTANG DEMOKRASI PENDIDIKAN DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 02411354 AHMAD SYAIFULLOH}, year = {2006}, note = {Drs. Rofik, M.Ag,}, keywords = {John Dewey, pendidikan Islam}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25842/}, abstract = {AHMAD SYAIFULLOH, Pemikiran John Dewey tentang Demokrasi Pendidikan dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalija, 2006. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemikiran John Dewey tentang konsep demokrasi pendidikan dan mengetahui relevansinya dengan pendidikan Islam. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi wawasan pengetahuan dan sumber informasi bagi siapa saja yang berminat mengadakan penelitian lebih lanjut tentang pemikiran John Dewey. Di samping itu penelitian ini juga diharapkan menjadi pengetahuan seorang guru dalam meningkatkan mutu serta kualitas pendidikan Islam dengan menggunakan pola pendidikan yang demokratis . Penelitian ini merupakan merupakan penelitian kualitatif kepustakaan (library researh). Pengumpulan data melalui studi pustaka. Analisis data menggunakan metode deskriptifanalisis, yakni mendeskripsikan data-data dalam bentuk kata dalam hal ini adalah pemikiran-pemikiran John Dewey mengenai demokrasi pendidikan sehingga ditemukan konsep demokrasi pendidikannya, setelah itu menganalisis data-data yang telah terkumpul mengenai pemikiran? pemikiran John Dewey tentang demokrasi pendidikan dan demokrasi dalam pendidikan Islam yang diperoleh dari berbagai sumber, kemudian dievaluasi sehingga ditemukan relevansi demokrasi pendidikan John Dewey dengan pendidikan Islam . Hasil penelitian : ( 1) Konsep dernokrasi pendidikan John Dewey adalah suatu pandangan, sikap dan aktivitas yang memberikan kesempatan yang seluas? luasnya kepada anak (peserta didik) untuk berpartisipasi dalam menentukan pendidikannya agar ia tumbuh dan berkembang secara optimal dan wajar sesuai dengan potensi yang dimilikinya . (2) Relevansi pemikiran John Dewey tentang dernokrasi pendidikan dengan pendidikan Islam rneliputi : prinsip-prinsip dernokrasi dan komponen dalam pendidikan Islam yaitu : (a). Prinsip kebebasan dan keadilan . (b). Prinsip rnusyawarah. (c). Prinsip kemaslahatan . (d). Prinsip fa 'awuw'tolong-menolong (e). Prinsip taghyir/perubahan . (f). Pandangan terhadap anak didik. (g). Pandangan terhadap guru. (h). Pandangan terhadap metode . (i). Pandangan terhadap kurikulurn . (j). Pandangan terhadap tujuan pendidikan.} }