TY - THES N1 - Drs. Tasman Hamami, MA. NIP.150226626 ID - digilib25850 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25850/ A1 - IIS ROSTIAWATI, NIM.01410605 Y1 - 2005/12/27/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang pelaksanaan pembelajaran membaca dan menulis al-Qur'an, penerapan strategi pembelajaran serta faktor penghambat pembelajaran membaca dan menulis al-Qur'an di SMA Islam 3 Sleman serta cara menanganinya . Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif dan mengambil latar SMA Islam 3 Sleman, yang dalam hal ini meneliti tentang bagaimana pelaksanaan pembelajaran Membaca dan Menulis Al-Qur'an, strategi pembelajaran dan faktor penghambat pembelajaran serta solusinya. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan metode deskriptif analitik yaitu dari hasil penelitian kemudian disajikan secara kualitatif dan selanjutnya dianalisis menggunakan analisis kualitatif dengan menggunakan cara berfikir induktif. Hasil penelitian menunjukkan 1) Pendekatan pembelajaran yang dipakai meliputi pendekatan individual dan rasional dengan rnetode yang digunakan mencakup metode ceramah, metode tanya jawab, metode latihan dan metode penugasan. Serta pelaksanaan evaluasi meliputi evaJuasi bentuk tes dan non tes. 2) Kendala-kendala dalam pembelajaran membaca dan menulis al-Qur'an ialah kurangnya tenaga pengajar, hambatan dari orang tua, lingkungan, sarana dan waktu. Adapun usaha untuk mengatasinya adalah dengan mengadakan hubungan dengan orang tua murid dalam rangka mernperhatikan belajar anak-anak mereka, melibatkan koordinator bimbingan dan konseling, menambah sarana belajar serta lebih mengaktifkan belajar siswa. PB - UIN SUNAN KALIJAGA M1 - skripsi TI - STRATEGI PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENULIS AL-QUR'AN DI SMA ISLAM 3 SLEMAN AV - restricted ER -