eprintid: 25853 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/02/58/53 datestamp: 2017-07-05 04:00:42 lastmod: 2017-07-05 04:00:42 status_changed: 2017-07-05 04:00:42 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SYAHRUL MUNIR, NIM.01460864 title: ANALISIS PELAKSANAAN PENDEKATAN TEMATIK DALAM PEMBELAJARAN SAINS DI SDN AMBARRUKMO DAN MI WAHID HASYIM YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: Pen_fis divisions: jur_tad full_text_status: restricted keywords: Pendekatan temati pembelajaran Sains, dan perbandingan note: Agus Mulyanto, M.Kom NIP.150293687 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui konsep, pelaksanaan, faktor pendukung dan penghambat, serta hasil yang dicapai pelaksanaan pendekatan tematik dalam pembelajaran Sains di SDN Ambarrukmo dan MI Wahid Hasyim Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat memberikan sumbangan saran dan pemikiran dalam proses pelaksanaan pendekatan tematik dalam pembelajaran, khususnya pembelajaran Sains (fisika). Penelitian dilaksanakan di SDN Ambarrukmo dan MI Wahid Hasyim pada kelas I dan II tahun ajaran 2005/ 2006 dengan mengambil populasi sebanyak 80 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui dokumentasi, wawancara, dan observasi. Metode analisis data yang digunakan adalah metode kualitatif, yaitu suatu analisa deskriptif data non statistik dan hasilnya digambarkan dengan kata-kata menurut kategori untuk memperoleh kesimpulan . Sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif (qualitatif'research). Hasil penelitian ini 111enunjukkan beberapa hal, yaitu: 1) Konsep pendekatan tematik dalam pembelajaran Sains di SDN Ambarukmo dan MI Wahid Hasyim berasal dari dinas pendidikan nasional, 2) Pelaksanaan pendekatan tematik dalam pembelajaran Sains di SDN Ambarrukmo dan MI Wahid Hasyim terfokus dalam satu tema untuk semua mata pelajaran yang telah dikonsep, penggunaan metode disesuaikan dengan kondisi kelas dan materi, serta pengembangan pembelajaran diserahkan sepenuhnya kepada guru pelaksana. Peneliti menyimpulkan bahwa pelaksanaan pendekatan tematik di sekolah tersebut kurang maksimal, 3) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pendekatan tematik dalam pembelajaran Sains di SDN Ambarrukmo dan MI Wahid Hasyim berasal dari pihak sekolah, guru, anak didik, lingkungan, serta alat peraga, 4) Hasil yang dicapai pelaksanaan pendekatan tematik dalam pembelajaran Sains di SDN Ambarrukmo dan Ml Wahid Hasyim relatif sama, meskipun masih terdapat sebagian siswa yang belum mencapai target sesuai standar nilai kelulusan kenaikan sekolah. date: 2006-08-08 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: other thesis_name: other citation: SYAHRUL MUNIR, NIM.01460864 (2006) ANALISIS PELAKSANAAN PENDEKATAN TEMATIK DALAM PEMBELAJARAN SAINS DI SDN AMBARRUKMO DAN MI WAHID HASYIM YOGYAKARTA. Other thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25853/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25853/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf