TY - THES N1 - Karwadi, M.Ag NIP.150289582 ID - digilib25855 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25855/ A1 - SITI NUR ROHMAH, NIM.99414544 Y1 - 2006/07/18/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pembaharuan pendidikan Islam perspektif Mahmud Yunus dan untuk mengetahui kontribusi pemikirannya metode Pendidikan Agama Islam. Dilihat dari relevansinya, penelitian ini sangat sesuai dengan dinamika zaman, sebab hasil penelitian diharapkan dapat memberikan kontribusi yang transformatif dalam dunia PAl. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian literer, metode yang ditempuh adalah metode deskriptif dengan pola pembahasan deskriptif-analitik dan interpretasi. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan tekstual, yakni sebuah pendekatan yang berupaya untuk memahami bagaimana pemikiran pembaharuan pendidikan Islam Mahmud Yunus melalui penelusuran terhadap teks-teks karyanya secara langsung. Penulis juga menggunakan metode pendekatan sosio-historis. Pendekatan ini dimungkinkan untuk melihat latar belakang kultur-historis pemikiran-pemikiran pembaharuan pendidikan Islam Mahmud Yunus dan kontribusinya terhadap PAI. Hasil sumber data yang Lelah Jiperoleh baik Jari sumber primer maupun sekunder, kcmudian dianalisa dengan menggunakan metode analisa isi serta metode analisis secara kualitatif dengan menggunakan instrumen induksi. Hasil penelitian menunjukkan: ( 1) Pemhaharuan pendidikan Mahmud Yunus dapat ditelusuri melalui beberapa lembaga pendidikan yang pemah ditanganinya antara lain, pembaharuan pendidikan Islam di Diniyah School, pembaharuan pendidikan Islam di al Jami'ah al Islamiyah, pembaharuan pendidikan Islam di Nomrnl Isl.am, pembaharuan pendidikan Islam di PGAI dan ADIA.. dari beberapa lembaga yang ditanganinya tersebut dapat disimpulkan bahwa ia mencoba memperbaharui sistem pendidikan drai sistem halaqah menjadi sistem kelas. Selain itu, ia juga melakukan pembaharuan pendidikan Islam melalui karya-karyanya dalam bidang ilmu pengetahuan dan ilmu pendidikan yang tersebar dan bermanfaat bagi pengembangan pendidikan Islam di Indonesia. (2) Berkaitan dengan kontribusi pemikiran pembaharuan Mahmud Yunus terhadap metode PAI, maka salah satu metode pendidikan Islam baru yang diterapkan oleh Mahmud Yunus pada zanmnnya adalah metode pengajaran langsung (direct method). Metode ini ia terapkan di lembaga-lembaga pendidikan yang pernah ia tangani. Metode tersebut sampai saat ini masih relevan dan layak digunakaan pada lembaga-lembaga pendidikan modem di Indonesia, serta dapat dijadikan masukan untuk diterapkan bagi PAI. Mahmud Yunus juga menawarkan beberapa metode yang disesuaikan dengan materi pelajaran dan tingkat pendidikan murid, yakni metode ceramah (khutbah), tanya jawab untuk tingkat SD dan ditambah metode diskusi untuk tingkat SMP, SLTA, PGAN dan Perguruan Tinggi PB - UIN SUNAN KALIJAGA M1 - skripsi TI - PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA STUDI TERHADAP PEMIKIRAN MAHMUD YUNUS ? DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP METODE PENDIDIKAN AGAMA ISLAM AV - restricted ER -