@phdthesis{digilib25890, month = {October}, title = {PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR DALAM KELUARGA DAN KEMAMPUAN MEMAHAMI POLA BILANGAN DALAM GAMBAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SEMESTER GENAP MTSN MAGUWOHARJO YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2003/2004}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 99434162 FADCHUDIN ROHMAN}, year = {2004}, note = {Drs. Rachmadi W, M.A}, keywords = {Pengaruh bimbingan belajar, prestasi belajar, MTsN Maguwoharjo;}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25890/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetalwi ada dantidaknya pengaruh yang berarti dari bimbingan belajar dalam keluarga dan kemampuan memahami pola bilangan dalam gambar terhadap prestasi belajar rnatematika siswa kelas II semester genap MTsN Maguwoba1jo Yogyakarta tahun ajaran 2003/2004, serta rn.enentu an besar sumbangan yang berarti dari bimbingan belajar dalam keluarga dan kemampuan memahami pola bilangan dalam gambar. Penelitian ini merupakan penelitian populasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kela ? H semester genap MTsN Maguwoharjo Yogyakarta tahun ajaran 2003/2004 yang berjumlah 58 siswa. Berdasarkan hasil penelitian, didapat koefisien determinasi bimbingan belajar dalam keluarga seb sar 0, 195. hal ini berarti variasi dalam prestasi belajar matematika siswa sebesar 19,5 \%1 dapat dijelaskan oleh bimbingan belajar dalam keluarga melalui garis regresi Y = 0,208 XI - 3,704. Koefisien determinasi kemampuan memahami pola bilangan dalam gambar sebesar 0,273 yang berarti variasi dalam prestasi belajar matematika siswa sebesar 27,3 \% dapat dijelaskan oleh kemampuan memahami pola bilangan dalam gambarl'nela lui garis regresi Y = 0,.641 X2 - 0,977. Koefisien detennina ?i bimbingan belajar dalan1 keJuarga dan kemampuan memahami pola bilan gan dalam gambar sebesar ,349 yang b rarti 34,9 \% besamya nilai prestasi belajar matematika dapat dijelaskan o.leh bimbingan belajar dalam keluarga dan kemampuan memahami poJa bilangan dalam gambar secara bersama-sama melalui garis r gresi Y = 0,138 XI+ 0,514 X2 - 5,088. Besar sumbangan relatif untuk masing-masing varia bel bebas yaitu sebesar 37 I 7 \% untuk prediktor XI dan sebesar 62,83\% untuk p.rediktor X2. Besar sumbangan efektif untuk masing-masing variabel bebas yaitu sebesar 12,964 \% untuk prediktor XI dan sebesar 21,917 \% untuk prediktor X2. Dengan melihat besar koefisien determinasi di atas maka dapat dikatakan masih terdapat faktor-faktor lain yang memberikan sumbangan terhadap prestasi belajar matematika siswa.} }