<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGARUH KONDISI SOSIO-KULTURAL\r\nTERHADAP DINAMlKA HUKUM ISLAM\r\n(STUDI KOMPARATIF ATAS KARAKTERISTIK PEMIKIRAN FIQIH\r\nABU HANIFAH DAN ASY -SYAFI'I)"^^ . "Pada dasamya huk:wn diciptakan untuk: memelihara ketertiban dan\r\nkesejahteraan masyarakat, sementara masyarakat senantiasa mengalarni\r\nperubahan. Untuk itu, pelaksanaan hukum harus disesuaikan dengan keadaan yang\r\nada. Artinya, asas dan prinsip hukum tidaklah berubah, tapi cara penerapannya\r\nharus disesuaikan dengan perkembangan masyarakat, perubahan suasana, dan\r\nperubahan keperluan hidup. Singkatnya, penerapan hukum harus mampu\r\nmenagakkan kemashlahatan dan keadilan yang menjadi tujuan dari hukurn itu\r\nsendiri.\r\nSecara sosiologis, perubahan hukum memililci pengaruh yang timbal\r\nbalik terhadap perubahan masyarakat. Perubahan hukurn dapat rnempengaruhi\r\nperubahan dalam masyarakat, dan sebaliknya perubahan masyarakat dapat\r\nmenyebabkan terjadinya perubahan hukum. Dalam wacana hukum Islam,\r\nperubahan ini digambarkan kemungkinannya oleh sebuah kaidah fiqih yang\r\nmenjelaskan, bahwa perubahan hukurn dapat terjadi karena perubahan tempat,\r\nwaktu dan keadaan. Dengar.. demikian, kaidah ini telah memberikan landasan\r\nsosiologis bagi berkembangnya hukum Islam (fiqih Islam sebagai produk ijtihad)\r\ndalam mengantisipasi perubahan dan perkembangan masyarakat.\r\nPada dasamya, perkembangan dinamika hukurn Islam karena\r\ndilatarbelakangi oleh berbagai faktor, di antaranya adalah: perbedaan metode\r\nistinba.~ hukum yang digunakan oleh para Imam, tingkat pemahaman terhadap\r\nsuatu nash, lokasi, situasi dan kondisi, waktu (masa) serta tempat tinggal para ahli\r\nhukum (mujtahid) yang berbeda-beda, kebiasaan adat istiadat masyarakat\r\nsetempat yang telah lama berakar urat, dan lain-lain. Selain itu, wilayah\r\nkekuasaan wnat Islam yang semalcin luas mengharuskan huk:wn Islam bersifat\r\ndinamis dan fleksibel dalam merespon tuntutan dan kebutuhan masyarakat yang\r\nmemang berbeda antara wilayah yang satu dengan wilayah lainnya. Pengaruh\r\nperbedaan kondisi sosial dan kultur masyarakat ini akan sangat terasa\r\npengaruhnya terhadap fleksibilita~ fiqih (hukum Islam). Perbedaan-perbedaan\r\npendapat atau fatwa ijtihad fiqih Imam Muhammad bin ldris asy-Syafi'I (pelopor\r\nMazhab Syafi'I) dan Imam Abu HahTfah (pendiri Mazhab Hanafi) menjadi contoh\r\nnyata dalam hal ini. Dalam dunia fiqih Islam, kedua mazhab ini memang terkenal\r\nse.ringkali diwamai perbedaan pendapat yang kental. Bahkan dalam sejarah\r\nkehidupan pribadi Imam asy-Syafi'I sendiri terdapat perbedaan fatwa antara qau/\r\nqadim (pendapat lama) ketika ia tinggal di Iraq dengan qaul jadid (pendapat baru)\r\nketika ia menetap di mesir. Hal ini tetjadi karena kondisi realitas sosial yang\r\ndihadapi Imam asy-Syafi'I di Iraq tidak sama atau berlainan dengan yang\r\ndihadapinya ketika berada di Mesir. Demikian juga latarbelakang perbedaan\r\nbeberapa pendapat antara Imam Abu Hanifah dan Imam asy-Syafi 'I, tidak terlepas\r\ndari perbedaan kenyataan sosial masyarakat yang mereka hadapi ketika itu.\r\nKenyataan dan bukti sejarah ini telah membawa kepada suatu\r\nkesimpulan, bahwa dimensi sosiologis beg;tu signifikan untuk: diperhatikan pada\r\nsaat melakukan telaah dan kajian fiqih. Unsur-1tnsur sosiologis dan geografis yang\r\nsangat banyak memberikan pengaruh terbadap warna dan corak fiqih, akan lebih\r\nbanyak dipertimbangkan ketika melakukan kajian-kajian fiqih. Untuk itu perlu dilakukan suatu metode pengkajian baru yang dapat memperjelas letak serta\r\neksistensi dari aspek-aspek theologis dan sosiologis dalam fiqih Dari situ\r\ndiharapkan, fiqih tidak hanya menyoroti tentang jejak pendapat masing-masing\r\nmazhab, melainkan lebih ditekankan pada faktor-faktor kemuncuJanaya. Hal ini\r\ndapat menjadi sebuah pijakan bagi para peminat studi fiqih, terutama dalam\r\nlangkah aplikatif tanpa mengesampingkan aspek sosiologis, dan theologis yang\r\nhistoris-kontekstua1.\r\nAtas dasar pemikiran di atas, maka perlu diadakan suatu kajian yang\r\nbersifat kesejarahan. yang dapat menyingkap sejauhmana pengaruh tradisi yang\r\nberkembang di suatu masyarakat terhadap fiqih. Di samping itu, pendekatan\r\nsosiologis dianggap begitu signifikan, karena adanya keterkaitan yang erat antara\r\nhukum Islam (fiqih) sebagai bentuk ideal dan realitas masyarakat sebagai praktek\r\nfaktuaL\r\nPada akhimya, kesimpulan yang dapat dihasilkan dari kajian-kajian dan\r\ntelaah-telaah fiqih secara historis, akan menunjukkan suatu bukti atau fakta nyata,\r\nbahwa hukum Islam bersifat elastis, dinamis dan fleksibel, dapat berubah sesuai\r\ndengan perubahan kebutuhan dan perkembangan masyarakat, asal tidak\r\nbertentangan dengan prinsip dasar dan tujuan Syari'at Islam itu sendiri, yaitu\r\nkeadilan dan kemashlahatan.\r\nDalam kehidupan masyarakat kontemporer ini, umat Islam dihadapkan\r\npada kehidupan masyarakat yang heterogen dan pluralistik. Umat Islam dituntut\r\nuntuk turut serta berperan aktif dalam berbagai bidang kehidupan yang multi\r\ndimensional ini. Tidak terkecuali dalam bidang hukum, umat Islam juga dituntut\r\nberperan serta dalam merumuskan kebijakan-kebijakan dan ketentuan-ketentuan\r\nhukwn bagi berbagai macam permasalahan masyarakat kontemporer (yang tidak\r\nditemukan pemecahannya aukumnya dalam kitab-kitab fiqih klasik), yang sesuai\r\ndengan jiwa Syari'at Islam. Oleh k.arena itulah, diperlukan suatu upaya untuk\r\nmer~fonnulasikan fiqih Islam agar stabilitas fiqih Islam tetap terjaga dan mampu\r\nmenjawab tantangan zaman serta perubahan masyarakat."^^ . "2005-07-25" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS SYARIAH, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 01360749"^^ . "MUHAMMAD RADHIA WARDANA"^^ . "NIM. 01360749 MUHAMMAD RADHIA WARDANA"^^ . . . . . . "PENGARUH KONDISI SOSIO-KULTURAL\r\nTERHADAP DINAMlKA HUKUM ISLAM\r\n(STUDI KOMPARATIF ATAS KARAKTERISTIK PEMIKIRAN FIQIH\r\nABU HANIFAH DAN ASY -SYAFI'I) (Text)"^^ . . . "BAB I, V, DP.pdf"^^ . . . "PENGARUH KONDISI SOSIO-KULTURAL\r\nTERHADAP DINAMlKA HUKUM ISLAM\r\n(STUDI KOMPARATIF ATAS KARAKTERISTIK PEMIKIRAN FIQIH\r\nABU HANIFAH DAN ASY -SYAFI'I) (Text)"^^ . . . "PENGARUH KONDISI SOSIO-KULTURAL\r\nTERHADAP DINAMlKA HUKUM ISLAM\r\n(STUDI KOMPARATIF ATAS KARAKTERISTIK PEMIKIRAN FIQIH\r\nABU HANIFAH DAN ASY -SYAFI'I) (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH KONDISI SOSIO-KULTURAL\r\nTERHADAP DINAMlKA HUKUM ISLAM\r\n(STUDI KOMPARATIF ATAS KARAKTERISTIK PEMIKIRAN FIQIH\r\nABU HANIFAH DAN ASY -SYAFI'I) (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH KONDISI SOSIO-KULTURAL\r\nTERHADAP DINAMlKA HUKUM ISLAM\r\n(STUDI KOMPARATIF ATAS KARAKTERISTIK PEMIKIRAN FIQIH\r\nABU HANIFAH DAN ASY -SYAFI'I) (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH KONDISI SOSIO-KULTURAL\r\nTERHADAP DINAMlKA HUKUM ISLAM\r\n(STUDI KOMPARATIF ATAS KARAKTERISTIK PEMIKIRAN FIQIH\r\nABU HANIFAH DAN ASY -SYAFI'I) (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH KONDISI SOSIO-KULTURAL\r\nTERHADAP DINAMlKA HUKUM ISLAM\r\n(STUDI KOMPARATIF ATAS KARAKTERISTIK PEMIKIRAN FIQIH\r\nABU HANIFAH DAN ASY -SYAFI'I) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGARUH KONDISI SOSIO-KULTURAL\r\nTERHADAP DINAMlKA HUKUM ISLAM\r\n(STUDI KOMPARATIF ATAS KARAKTERISTIK PEMIKIRAN FIQIH\r\nABU HANIFAH DAN ASY -SYAFI'I) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGARUH KONDISI SOSIO-KULTURAL\r\nTERHADAP DINAMlKA HUKUM ISLAM\r\n(STUDI KOMPARATIF ATAS KARAKTERISTIK PEMIKIRAN FIQIH\r\nABU HANIFAH DAN ASY -SYAFI'I) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGARUH KONDISI SOSIO-KULTURAL\r\nTERHADAP DINAMlKA HUKUM ISLAM\r\n(STUDI KOMPARATIF ATAS KARAKTERISTIK PEMIKIRAN FIQIH\r\nABU HANIFAH DAN ASY -SYAFI'I) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #25900 \n\nPENGARUH KONDISI SOSIO-KULTURAL \nTERHADAP DINAMlKA HUKUM ISLAM \n(STUDI KOMPARATIF ATAS KARAKTERISTIK PEMIKIRAN FIQIH \nABU HANIFAH DAN ASY -SYAFI'I)\n\n" . "text/html" . . . "Perbandingan Madzhab"@en . .