%A NIM. 01410715 FITRIA NURUL HIDAYATI FITRIA NURUL HIDAYATI 01410715 %O Drs. Tasman Hamami, M.A %T IMPLEMENTAS! KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DI MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN SUNANPANDANARAN NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA %X Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang lmplementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi di Madrasab Aliyab Pondok Pesantren Sunan Pandanaran Ngaglik Sleman serta basil yang dicapai. Hasil penelitian ini dibarapkan dapat digunakan sebagai baban sumbangan pemikiran yang berhubungan dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi dan menambab khasanab keilmuan tentang pengelolaan kurikulum. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil Jatar belakang di Madrasab Aliyah Pondok Pesantren Sunan Pandanaran Ngaglik Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menelaah selurub data, mengadakan reduksi data, menyusun data dan mengkategorikan data kemudian analisis data. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1. kegiatan belajar mengajar, yang terdiri dari a). Tujuan Kurikulum; tujuan kurikulum ini menggunakan pendekatan kompetensi. b). Pengembangan silabus; adapun komponen-komponen dalam silabus adalah sebagai berikut: kompetensi dasar, basil belajar, indicator, langkab pembelajaran, alokasi waktu, sarana dan sumber belajar dan penilaian. c). Proses perencanaan mangajar; adapun langkab-langkahnya adalab sebagai berikut: mengembangkan perencanaan mengajar, mengembangkan materi standar, menentukan metode, dan perencanaan penilaian. d). Proses pembelajaran; diadakannya pre tes dan post tes, kemudian dalam kegiatan pembelajaran masib menggunakan format modul dan metode yang digunakan dalam pembelajaran adalab metode diskusi, ceramab, imla', praktek, dan demonstrasi. e). Evaluasi basil belajar terdiri dari tes lisan, tes tertulis, penugasan dan portofolio. 2. Hasil yang dicapai dapat dilibat dari tiga ranab pendidikan yaitu: a). ranab kognitif, diadakannya evaluasi pada saat pembelajaran yang kemudian dilihat juga dari indicator-indikator, b). ranab afektif, selain dilibat dari indicator, kemudian dapat dilibat pada saat pembelajaran berlangsung, apakab peserta didik sangat antusias dalam memabami materi pelajaran atau tidak dan kesadaran untuk melaksanakan kegiatan di pesantren, c). ranab psikomotorik dengan melibat perilaku peserta didik dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dan keaktifan dalam kegiatan pesantren, disamping itu juga dapat dilibat dari indicator-indikator sdalam pembelajaran. %K Kurikullum KBK, Ponpes Sunan Pandanaran %D 2005 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib25908