%A NIM.03430027-T HARJAKA %O Drs. H. Sedya Santosa,S.S, M.Pd NIP.150249224 %T PEMBELAJARAN LOGARITMA MELALUI PENDEKA TAN COOPERATIVE LEARNING DENGAN TEKNIK JIGSAW DALAM UPAYA PENINGKATAN PRESTASI HASIL BELAJAR SISWA KELAS III A MTsN SLEMAN KOTA %X Tujuan penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah cara menciptakan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan sehingga dapat meningkatkan prestasi hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika kelas IIIA Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Sleman Kota ahun pelajaran 2004/2005 khususnya pada materi Jogaritma. Salah satu upaya untuk menciptakan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan adalah menggunakah pendekatan cooperative learning dengan teknik jigsaw. Pendekatan ini merupakan pengcmbangan dari kerja kelompok, tetapi masing­ masing •anggota kelompok menjadi anggota ahli yang bertugas menjelaskan kepada semua anggota kelompok yang lain. Hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam pembelajaran matematika di kelas IIIA Madrasah Tsanawiyah Negeri Sleman Kota tahun pelajaran 2004/2005 ini adalah: 1. Pendekatan cooperative learning dengan teknik jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. 2. Semua anak tertantang untuk bertanggungjawab atas dirinya sebagai anggota ahli. 3. Semua anak merasa senang (enjoy) karena masing-masing anak dapat menjelaskan kepada teman-temannya secara bebas sesuai dengan karakter dan kemampuan yang dimilikinya. 4. Pembelajaran yang menggunakan pendekatan cooperative learning dengan teknik jigsaw dapat berjalan dengan baik jika guru mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan dalam pembelajaran yaitu : a. Analisis Materi Pembelajaren. b. Rencana Pembelajaran. c. Seperangkat soal untuk tiap-tiap anggota kelompok d. Seperangkat soal tes akhir pembelajaran untuk materi logaritma %K Pembelajaran, cooperative learning, dan jigsaw %D 2006 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib25954