@phdthesis{digilib25967, month = {July}, title = {PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN RELICIUSITAS DI SMA BOPKRIL YOGYAKATA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 0241 1394-01 RIZA GHULAM ZAMIL}, year = {2006}, note = {Sutrisno}, keywords = {Pembelajaran reliciusitas,SMA Bopkri Yogyakarta}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25967/}, abstract = {Skripsi ini merupakan penelitian ilm iah mengenai pene1apan pembclaj?1ran mata pelajaran Pendidikan R eligiusitas di SMA BOPKRT l Yogyaka1ta yang sempat menjadi kontroversi beberapa tahun lalu. Tujuan penelitian adalah untuk mengctahui bagaimana kurikulum dan penerapan pembelajaran mata pel ajaran Pendidikan Religiusitas di SMA BOPKRI 1 Yogyakarta, serta menganal isis S(.;Cara kritis relevansinya dengan' Pendidikan Agama Islam . Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan kontribusi pemikiran kontempo rer dalam dunia Pendidikan J{$\backslash$}gama Isl am. Jenis pene liti an ya?ng digunakan adalah penelitian lapangan (jleltl rescore/?) , yang bersifat kualitatif, yaitu m emahami fenomena sosi al d1ri sudut pandang pelakunya. Metode pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi , wawa ncara dan observasi langsung ke lapangan. Anal isis data dilakubn dcngan . rnctodc triangulasi, yaitu reduksi datil, display data dan verifikasi data. Data yang clipero l eh mela lui dok um enta si , wawanc1ra :!an observasi diana lisis sccara deskriptif'-analiti;. artinya hasil analisis berupa pem.apara n gambaran situ asi yang c!Jteliti dalam bent u k uraian naratif serta tidak dituan gkan dalam bentuk dan bilangan statistik. Hasil penelitian me'lunjukkan bahwa: 1). Penyusunan kuriktt!um mata pelajaran Pendidikan Religiusit a..; adalah sebagai altematif terhad ap pend idikan agama di sekolah-sekolah keagamaan agar tercipta iklim persaudaraan , komunikasi dan kerjasama lintas agama dan kepercayaan di ka langan siswa. Kmi1wlum ini juga tebh didesa in untuk mewakil i semua agama dan gol ongan yang berbeda agar siswJ akti r?? reflektif dalam pembelajaran. baik di dalam atau di luar kelas. 2) Pembelajaran mala pelajaran Pendidikan Religiusitas di SMA BOPKRl 1 Yogyakart :, dilakukan dengan active learning dan melatih kemampuan berefl eksi siswa terhadap ayat dari kitab suci maupun realita di sekitarnya. Pembelajaran ini juga berusah, menggali potensi? potensi siswa yang teJrJcndam dengan cara mengoptimalk 'n peman('aatan ketujuh intel eg .:nsi otak n1anusia. Pembelajaran ini juga relevan dite.-apkan di seko'al.? sekolah yang mcmil.ki masal ah heterogenitas siswa dalam latar belakang budaya, suku, ras dan a-gama. 3) Relevansi pen erapan mata pelajaran Pend i dikan Reli giusita s dengan Pendidikan Agar..1a Islam terl etak pada upayanya memperbarvi r:ar'.digma berpikir siswa dalam memahami agama secara universal dan tidak sempit. Rel cvansi juga terletak pada pemilihan materi yang lebih menitikberatkan pada aspek sosi al? horizontal di masyarakat, penggunaan pendekatan retret (merenungkan ayat-ayat qaul(vah) dan ignatian (m rewmgkan ayat-1yat kauniyah) dalam pembebjarun, scrla rel evansi dalam c:va luasi r-embelaja;?an yang mencakup aspck kognitif. afcktif' dan psikomotorik sisv1a.} }